Share
Rawon & Soto Betawi Dinobatkan Sebagai Dua Hidangan Sup Terbaik di Dunia!
Trisha Aulia
05 May 2024

Dengan rating 4.7, Rawon dan Soto Betawi puncaki peringkat tertinggi daftar “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia” versi TasteAtlas, menjadikannya sebagai dua hidangan sup terbaik dunia.


Masakan Indonesia terkenal dengan cita rasa yang berani dan kaldu yang kaya, dan tampaknya dunia mulai menyadarinya. Tahun ini, TasteAtlas, salah satu situs kuliner paling terkenal, menempatkan dua hidangan sup asal Indonesia di puncak daftar “Top 100 Soups in the World” atau “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia”. Adalah Rawon dan Soto Betawi yang menjadi bintang dalam daftar tersebut, dengan berhasil mengamankan posisi istimewa sebagai dua hidangan sup terbaik di dunia.

Rawon “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia“

Soto Betawi “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia“

Rawon, hidangan sup sapi dengan kuah hitam yang khas dari kluwek berhasil meraih rating 4.7 bintang dan menduduki posisi nomor satu dalam daftar TasteAtlas berkat perpaduan cita rasa yang kaya, gurih, dan earthy yang memberikan kenikmatan tiada tara bagi siapa pun yang mencicipinya. Merupakan kebanggaan besar bagi Indonesia, khususnya Jawa Timur, sebagai tanah kelahiran Rawon, karena kini kelezatan hidangan sederhana ini diakui di seluruh dunia.

Rawon “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia“ 2

Tepat satu peringkat di bawah Rawon, terdapat Soto Betawi yang juga memperoleh skor serupa, yaitu 4.7 bintang. Dengan aroma rempah yang khas, rasa kaldu bersantan yang gurih mendalam, dan daging sapi serta jeroan yang empuk, posisi Soto Betawi di peringkat kedua dalam daftar 100 Hidangan Sup Terbaik Dunia merupakan sebuah pencapaian yang memang pantas didapatkan.

Soto Betawi “100 Hidangan Sup Terbaik Dunia“ 2

Rawon dan Soto Betawi melampaui hidangan sup lainnya dari berbagai penjuru dunia, bahkan mengalahkan Ramen dari Jepang, Pho dari Vietnam, Tom Yum dari Thailand, Laksa dari Malaysia, Hot Pot dari Taiwan, dan sederet hidangan terkenal dunia lainnya. Sebagai pemegang gelar juara hidangan sup terbaik dunia, Rawon dan Soto Betawi menjadi bukti nyata akan kelezatan kuliner Indonesia.

Selain Rawon dan Soto Betawi, kehadiran hidangan-hidangan sup lain dari Indonesia dalam daftar bergengsi ini juga tidak bisa diabaikan. Gulai, Empal Gentong, Soto, dan Coto Makassar turut meramaikan daftar 100 Teratas.