Share
Rambut Merah dan Kering karena Sinar Matahari, Gunakan Bahan Alami Ini
Dewi Anggriani Siregar
12 September 2023

Anda pasti pernah mengalami permasalahan rambut yang satu ini. Paparan sinar matahari langsung yang intens dapat membuat rambut menjadi merah dan kering, terlebih jika Anda merupakan seseorang yang aktif berkegiatan di luar ruangan.


Hal ini tentu membuat Anda merasa tidak percaya diri. Mengutip dari SehatQ, perubahan warna rambut dari hitam menjadi merah kecokelatan ini disebabkan oleh radiasi ultraviolet sinar matahari mampu menghancurkan sel melanin (pigmen warna hitam) yang terdapat pada batang rambut. Berbeda dengan warna kulit yang dapat melakukan regenerasi sel melanin setelah kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, rambut terdiri dari sel-sel mati yang tidak dapat kembali memproduksi sel melanin walaupun sering terpapar sinar matahari.

RAMBUT RUSAK

Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak linoleat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, yang dapat membantu menutrisi dan mencegah kerusakan rambut seperti kering dan kemerahan.

Minyak Kelapa

HAIR OIL

Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat yang mampu mengatasi berbagai permasalahan rambut termasuk kemerahan dan kering akibat sinar matahari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan asam oleat dan asam palmitat yang dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut sehingga rambut akan kembali lembap dan hitam berkilau.

Biji Wijen

Biji wijen memiliki kandungan kalsium, magnesium, vitamin B1, tembaga, seng, fosfor, asam amino, serat makanan dan selenium serta komponen antioksidan yang dapat memberikan nutrisi pada rambut serta merangsang pertumbuhan rambut dan menyehatkan kulit kepala.