Share
Rahasia Kecantikan Alam, Inilah Beragam Manfaat Kandungan Bunga Lotus untuk Kecantikan
Dewi Anggriani Siregar
04 June 2024

Bunga lotus, atau dikenal dengan nama Nelumbo nucifera, merupakan tanaman air yang dikenal karena keindahannya dan maknanya. Bunga ini sering dianggap sebagai simbol kemurnian, kesempurnaan, dan pencerahan dalam budaya Asia, terutama dalam tradisi Hindu dan Buddha.


Lotus tumbuh di perairan yang tenang dengan bunga yang muncul di atas permukaan air, melambangkan kemurnian yang muncul dari kegelapan. Bunga lotus mengandung berbagai nutrisi dan senyawa aktif yang bermanfaat untuk kecantikan seperti vimain C, flavonoid, polifenol, asam amino, dan mineral. Oleh karena itu, produk perawatan kulit yang mengandung memiliki kandungan bunga lotus seperti toner, serum, masker, dan pelembap, tampaknya bisa menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan. Berikut adalah beberapa manfaat lotus dilansir dari berbagai sumber.

LOTUS

Melembapkan Kulit

Bunga lotus mengandung banyak air dan senyawa humektan yang membantu menarik dan mempertahankan kelembaban pada kulit.

Mencerahkan Kulit

Vitamin C dan senyawa antioksidan dalam bunga lotus membantu mencerahkan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memberikan tampilan kulit yang lebih merata.

Atasi Jerawat dan Iritasi

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dari bunga lotus dapat membantu mengurangi jerawat, kemerahan, dan iritasi pada kulit.

Cegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam bunga lotus mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mempercepat proses penuaan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya membantu meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Mengurangi Minyak Berlebih

Ekstrak bunga lotus dapat menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, menjadikannya ideal untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Asam amino dan senyawa lainnya membantu meningkatkan elastisitas kulit, membuat kulit tampak lebih kencang dan muda.