Share
Ragam Manfaat Jeruk Yuja Korea Bagi Kesehatan Dan Resep Membuat Marmaladenya
Rambu Moara
15 November 2021

Buah yang tergolong jeruk ini biasanya diolah menjadi salad, jus, hingga marmalade.


Yuzu (Jepang) atau yuja (Korea) adalah buah jeruk yang berasal dari Xiangcheng, China. Namun kemudian tanaman ini lebih sering dibudidayakan di Jepang dan Korea. Rasa dari yuja tentu saja asam namun terdapat sedikit rasa manis dan dan sedikit pahit seperti jeruk bali.

Di Korea, jeruk ini sering dijadikan produk makanan dan minuman seperti salad, jus, selai, hingga teh marmalade. Sebelum HighEnd membagikan resep teh marmalade yuja, mari bahas manfaat baik jeruk ini bagi kesehatan.

Manfaat Jeruk Yuja Bagi Kesehatan

- Bergizi tinggi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B5 dan B6, serat, dan bahkan 53 kalori per 100 gram Yuzu.
- Tinggi antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas, dan peradangan dalam tubuh.
- Memperlancar aliran darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.
- Meningkatkan kekuatan memori sehingga ada potensi terhindari dari kerusakan otak dan penyakit lain seperti Alzheimer.
- Bersifat antidiabetes dan mengurangi resiko penyakit kolesterol.

Resep Teh Marmalade Yuzu

- Siapkan beberapa buah jeruk yuja, garam, madu, dan toples yang kering dan steril. Pastikan Anda memakai toples yang kedap udara dan benar-benar kering agar tidak merusak rasa teh yuja.
- Bersihkan kulit jeruk yuja dengan garam agar terhindar dari pestisida dan kuman lalu bilas hingga bersih.
- Belah dua jeruk yuja tanpa mengupas kulitnya, lalu iris keduanya tersebut dengan potongan yang tidak terlalul tebal. Pisah juga biji agar tidak mendatangkan rasa pahit pada teh yuja.
- Susun potongan jeruk yuja pada toples steril tadi hingga penuh dan tuangkan madu hingga terendam.
- Masukkan ke pendingin agar awet.

Untuk menyeduhnya, Anda cukup mencampurkan beberapa sendok racikan ini dengan air hangat ataupun air dingin. Gunakan sendok bersih dan kering agar tidak merusak campuran ini. Meski demikian, resep ini bisa disesuaikan dengan preferensi Anda, misalnya menambah lebih banyak madu ataupun menambah peppermint saat diseduh.