Share
Ragam Jenis Foundation yang Wajib Anda Ketahui untuk Menunjang Penampilan
Clara Enocensia
29 December 2021

Mengenali jenis-jenis alas bedak sangat penting, karena penggunaan alas bedak yang tepat merupakan kunci keberhasilan tata rias wajah Anda.


Foundation menjadi salah satu produk makeup yang sering digunakan selain lipstick dan bedak. Hal itu menjadikan foundation memiliki banyak jenis dan shade. Berbeda jenis foundation, maka beda pula tekstur, coverage, dan hasil akhirnya.

Tak hanya itu, antara satu foundation dengan foundation yang lain pun memiliki kegunaan yang tidak sama. Berikut adalah jenis - jenis tekstur foundation berdasarkan kondisi kulit.

1. Liquid Foundation

Jenis foundation ini menjadi yang paling populer di kalangan pecinta makeup. Berbahan dasar air atau minyak, membuat liquid foundation cenderung cocok untuk semua jenis kulit. Termasuk mudah diaplikasikan, foundation ini dapat diaplikasikan dengan spons dan kuas dengan hasil akhir matte atau dewy.

Namun, kekurangan dari foundation jenis ini adalah cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo. Selain itu, tampilan foundation akan berubah jadi tidak merata saat wajah banyak mengeluarkan keringat atau minyak setelah terlalu lama beraktivitas.

2. Matte Foundation

Kulit berminyak cenderung lebih butuh perhatian, terutama mengenai produk kosmetik yang mengandung minyak. Jenis matte foundation merupakan jenis alas bedak yang tepat untuk kulit berminyak. Matte foundation ini sifatnya cepat kering di wajah. Anda hanya perlu mengaplikasikannya tipis-tipis dan jangan terlalu tebal.

3. Mousse Foundation

Mousse foundation terkenal akan sifatnya yang ringan. Foundation ini memiliki formula yang mengandung micro bubbles yang menjadikannya ringan untuk dipakai. Selain itu, mousse foundation juga tidak menyebabkan tampilan menjadi cakey atau menggumpal di area kerutan seperti smile lines.

Meskipun begitu, foundation jenis ini hanya dapat bertahan selama 2-3 jam. Sehingga mousse foundation lebih cocok digunakan pada acara santai di malam hari.

4. Stick Foundation

Jika jenis kulit Anda berjerawat, sebaiknya pilihlah alas bedak jenis stick, karena bentuk stick menyebabkan pamakaian foundation ini minim kontak langsung dengan kulit tangan yang terdapat banyak kuman, sehingga lebih terjamin kesterilannya.