Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Putri Alam, Memajukan Negeri dengan Teknologi melalui Google Indonesia

Profile25 May 2022

By Adelia Ayu

Putri Alam, Memajukan Negeri dengan Teknologi melalui Google Indonesia

Menjabat sebagai Director of Government Affairs & Public Policy di Google Indonesia, Putri Alam menciptakan sederet program inovatif yang selaras dengan program kerja pemerintah untuk membawa Indonesia lebih maju di dunia ekonomi digital global.


Memimpin Government Affairs & Public Policy di Google Indonesia sejak Juli 2018, Putri Alam paham akan pentingnya posisi Indonesia di dunia digital, terutama di bidang ekonomi. Menjalankan sejumlah program yang selaras dengan program rancangan pemerintah, Ia bangga dapat memajukkan Indonesia melalui kerja kerasnya. “Dengan mensinergikan program-program kita dengan program pemerintah, kita bisa saling membangun Indonesia, menyetarakan, mencocokan apa yang bisa kita kontribusikan kepada Indonesia,” tuturnya.


Melihat hal tersebut, Ia yakin ekonomi digital Indonesia – salah satu program yang menjadi fokusnya sekarang, dapat berkembang pesat hanya dalam kurun waktu tiga tahun lamanya. “Menurut Google, Temasek & Bain Report, ekonomi digital Indonesia tumbuh dari 70 miliar Dollar Amerika tahun ini dan diperkirakan tumbuh sampai ke 146 miliar Dollar Amerika di tahun 2025. Tentunya ini perkembangan yang pesat sekali dalam tiga tahun bisa meningkat lebih dari dua kali lipat dan untuk itu, kita harus terus mempersiapkan sumber daya manusianya,” ungkap Putri.


Tidak hanya berkembang pesat, ekonomi digital tanah air pun disebut sang Direktur sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, Putri pun optimis Indonesia dapat menguasai Asia Pasifik dan menjadi nomor wahid di seluruh dunia. Tentunya, target tersebut mampu dicapai dengan memaksimalkan faktor sumber daya manusia di dalamnya. “Disinilah Google telah dan akan terus berkomitmen untuk turut serta membangun sejumlah program yang memaksimalkan SDM Indonesia dari hulu sampai hilir - dari Anak-anak, keluarga, guru, mahasiswa, pelajar, pencari kerja dan tentunya start-up,” ungkap wanita lulusan University of Washington ini.


Keberhasilan program yang dirintis Putri tidak terlepas dari kepiawaiannya sebagai seorang pemimpin. Memakai gaya kepemimpinan ‘pushing from behind’, Ia selalu mendukung tim dari belakang dan menyemangati mereka untuk memberikan yang terbaik. “Saya paham kesuksesan divisi ini tidak lepas dari kesuksesan setiap anggotanya. Makanya, saya sangat mendorong setiap anggota tim untuk memberikan yang terbaik, mencapai potensi mereka, yakin, willing to take risk dan chances,” ungkapnya. Salah satu bukti keberhasilan tersebut adalah ketika timnya berhasil mengundang Presiden Joko Widodo untuk berbicara di acara tahunan mereka, ‘Google for Indonesia’ di saat Ia sedang cuti hamil.


Menjadi salah satu jajaran pemimpin di perusahaan besar seperti Google Indonesia mendorong Putri untuk terus belajar dan berinovasi. “Di Google kita punya istilah drinking from the firehose. Hal ini diibaratkan selang pemadam kebakaran yang besar dengan aliran air yang kencang sekali. Ini berarti seberapa cepat kita bisa menelan informasi, pelajaran dan inovasi,” ungkapnya. Tidak hanya sekadar tempat kerja, bagi Putri, Google Indonesia adalah suatu tempat penuh inovasi yang diisi individu brilian, inovatif dan memiliki passion di bidang teknologi.

PHOTO Isnu Dwimartanto

STYLIST Bung Bung Managaraja