5 Fakta di Balik Pernikahan Putri Beatrice, Kenakan Gaun dan Tiara Ratu Elizabeth
Larasati Oetomo
27 July 2020

Putri Beatrice resmi menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada tanggal 17 Juli 2020.


Royal Wedding amat lekat dengan momen perayaan mewah dan besar-besaran yang ditunggu-tunggu oleh mayarakat Inggris—namun tidak demikian dengan pesta pernikahan Putri Beatrice.

Cucu dari Ratu Elizabeth II ini akhirnya melangsungkan pernikahan dengan sang tunangan di situasi pandemi dalam sebuah upacara privat. Acara sakral ini dilangsungkan di Royal Chapel of All Saints, Royal Lodge, Windsor dan dijalankan mengikuti protokol social distancing.

Berikut deretan fakta menarik dari hari spesial bagi Princess Beatrice of York dan sang suami, Edoardo Mapelli Mozzi:

#1 Royal Wedding yang ditunggu-tunggu masyarakat ini sudah ditunda berkali-kali akibat situasi pandemi.

Terakhir, pihak kerajaan mengumumkan bahwa pernikahan akan dihelat pada tanggal 29 Mei 2020 dengan resepsi di kebun Buckingham Palace, namun pada akhirnya upacara pernikahan dilangsungkan secara privat di Windsor.

#2 Kenakan gaun dan tiara milik Ratu Elizabeth II

Apabila kebanyakan royal wedding memilih gaun custom sebagai pilihan gaun pernikahannya (layaknya Meghan Markle dan Kate Middleton), tidak demikian dengan Putri Beatrice. Ia memilih mengenakan ulang gaun pernikahan vintage milik sang nenek, Ratu Elizabeth.

Gaun ini pun bukan sembarang vintage. Rancangan dari desainer Norman Hartnell ini telah menemani (kala itu) Putri Elizabeth di hari pernikahannya dengan Pangeran Phillip 73 tahun lalu dan momen-momen penting lainnya hingga tahun 1967.

#3 Tak hanya gaun, tiara pun kembar!

Putri Beatrice mengenakan Queen Mary fringe tiara pada hari pernikahannya—tiara yang sama dengan yang dikenakan (saat itu) Putri Elizabeth di hari pernikahannya. Sebagai hadiah pernikahan dari Ratu Victoria kepada Putri Mary, tiara ini melambangkan solidaritas dan dukungan di saat sulit.

#4 Didampingi sang ayah walau social distancing

Regulasi social distancing tidak memungkinkan pengantin wanita untuk dapat didampingi menuju pelaminan oleh sang ayah. Meski demikian, sang Putri mendapat izin untuk didampingi sang ayah, Pangeran Andrew setelah sebelumnya tinggal dalam isolasi bersama. Selain sang ayah, Putri Beatrice juga ditemani keluarga inti termasuk sang ibu, Sarah Ferguson dan sang adik, Putri Eugenie.

#5 Hanya Sang Ratu dan Pangeran Philip yang muncul dalam foto resmi

Meskipun keluarga inti Putri Beatrice turut menghadiri pernikahan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip menjadi satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang muncul dalam unggahan foto resmi kerajaan. Pasangan ini terlihat berfoto mengikuti protokol social distancing bersama kedua mempelai. Tak hanya itu, orang tua dari Mozzi dan anak laki-lakinya, Wolfie juga hadir dalam upacara tersebut.