Prediksi Tren Warna 2021 Menurut Ahli Warna dari Pantone Sampai Shutterstock

Design01 December 2020

By Annisa Laksmintari

Prediksi Tren Warna 2021 Menurut Ahli Warna dari Pantone Sampai Shutterstock

Prediksi tren warna merupakan salah satu berita yang dinanti oleh dunia disain. Palet berisi warna-warna prediksi ini umumnya akan menjadi acuan sebagai warna cat rumah dan perabotannya, warna fashion dan aksesoris, dan banyak hal lainnya. Reportasi prediksi warna ini umumnya dibuat oleh perusahan cat, yang dipelopori oleh Pantone Color Institute. Berikut ini adalah beberapa palet prediksi warna yang telah dirilis oleh beberapa brand ternama di dunia.


Pantone Color Institute, yang lumrah menjadi acuan warna secara global, pun telah merilis prediksi tren warna untuk tahun 2021, yang mereka umumkan pada New York Fashion Week bulan lalu. Menurut Pantone, warna-warna yang akan ngetrend adalah warna-warna cerah yang mencerminkan optimism dan penuh energi:

- Marigold
- Cerulean
- Rust
- Illuminating
- French Blue
- Green Ash
- Burnt Coral
- Mint
- Amethyst Orchid
- Raspberry Sorbet

Pantone Color Institute juga memperkenalkan 5 warna sebagai Spring-Summer 2021 Core Classics:

- Inkwell – biru yang menuju ke hitam, solid dan intense
- Ultimate Gray – abu yang praktis dipadankan dengan warna lainnya
- Buttercream – putih yang lebih hangat
- Deser Mist – warna pasir yang berdesir
- Willow – hijau kekuningan yang lembut

Shutterstock berpendapat, tren warna 2021 akan mencerminkan harapan dan optimism, serta banyak mengambil inspirasi dari alam. Pihak Shutterstock menjelaskan, “Terdapat perubahan dalam pemikiran kreatif. Para pengguna Shutterstock meninggalkan warna terang dan tersaturasi yang mendefinisikan 2020, dan beralih kepada palet natural dan mewah yang merujuk ke kesempatan-kesempatan baru, serta menunjukkan sebuah keinginan untuk keluar dan berjalan-jalan.”

Platform kreatif global ini menciptakan report trend warnanya dengan cara menganalisis data pixel dari top downloads setahun terakhir. Prediksi tren warna dari Shutterstock adalah:

- Set Sail Champagne, warna off-white yang lembut
- Fortuna gold, warna kuning emas yang mewah
- Tidewater Green, hijau kebirauan yang gelap

Behr Paint Company melalui BEHR Color Trends 2021 Palette meluncurkan sebuah spectrum dari 21 warna dari warna netral yang esensial sampai warna yang hidup dan cerah agar dapat referensi untuk menciptakan suasana yang penuh energy namun juga nyaman di rumah. Dengan tema ‘Elevated Comfort’, BEHR menitikberatkan pada kenyamanan rumah yang kini memiliki peran penting dalam masa ‘new normal’ ini. BEHR juga bekerjasama dengan 21 influencer untuk kampanye ’21 Days, 21 Colors, 21 Projects’.

BEHR Color Trends 2021 Palette dibagi menjadi 6 tema sebagai berikut:

- Casual Comfort: warna lembut dan nyaman serta memiliki warm tone seperti Almond Wisp dan Sierra
- Optimistic View: koleksi warna-warna terang dan luxe dengan vibe Mediterranean 70’s glam, dengan warna meriah seperti Saffron Strands atau Kalahari Sunset
- Subtle Focus: Pastel muda seperti Seaside Villa atau Wishful Green
- Calm Zone: warna-warna hijau dan biru yang menenangkan, yang mencerminkan keinginan untuk self-care dan wellbeing, dengan warna seperti Jojoba dan Voyage
- Quiet Haven: Warna-warna yang lebih gelap dan evocative untuk décor tradisional dan maximalist, seperti warna Royal Orchard dan Broadway
- Outdoor Escape: warna-warna yang memberi nuansa luas dan semakin menarik seperti Barnwood Gray atau Cellini Gold

Benjamin Moore memilih 12 warna organic sebagai prediksi trend warna 2021nya, yang mencakup kuning lembut, off-white yang creamy, dan juga warna-warna earthy yang dalam. Warna-warna ini, menurut pihak Benjamin Moore, cocok dipadukan dengan bahan-bahan alami seperti kayu, batu dan bata untuk tampilan yang seimbang dan bertekstur.