Share
Prambanan Jazz 2020 Virtual Festival, Bukti Semangat Berkarya di Tengah Pandemi
Jodie Suherman
03 November 2020

Perjuangan dari tim Rajawali Indonesia untuk menghadirkan Prambanan Jazz 2020 berakhir manis dengan hadirnya virtual festival yang tetap membawa suasana kehangatan Candi Prambanan.


Setelah segala upaya telah dilakukan, Prambanan Jazz tahun ini harus berlangsung secara virtual. Berlangsung pada 31 Oktober - 1 November 2020, Prambanan Jazz 2020 Virtual Festival menjadi perhelatan live streaming yang disiarkan secara langsung dari venue dengan durasi terpanjang di Indonesia, yakni dari pukul 16.00 sampai 22.00 WIB. Tayangan ini mengadopsi pertunjukan langsung ke dalam bentuk virtual.

Sepanjang acara, penonton juga bisa menyaksikan pemutaran dokumenter Prambanan Jazz Festival, termasuk menghadirkan wawancara dan cerita dari orang-orang di balik panggung perhelatan akbar yang telah berusia enam tahun ini. Tidak ketinggalan membawa penonton lebih dekat dengan para artis pengisi acara melalui suasana belakang panggung PJF yang selama ini tidak pernah dibayangkan.

Setelah mengalami kendala teknis karena cuaca, hari pertama Joko in Berlin, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Pusakata, Tompi dan Tulus tampil menemani dengan lagu-lagu terbaiknya. Isyana mengatakan kesenangannya untuk bisa bermain di Prambanan Jazz. “Saya senang bisa bermain lagi akhirnya, dan semoga ini menjadi penyemangat untuk bangkit dari keterpurukan,” ujar Isyana Sarasvati di akhir penampilannya.

Begitu juga dengan Tulus yang menyampaikan bahwa dirinya tidak sabar kembali ke Prambanan Jazz Festival seperti tahun lalu untuk bisa bertemu secara langsung.

Sementara pada hari kedua, masih diwarnai hujan para musisi tetap tampil maksimal untuk menghibur penonton yang bisa berinteraksi secara virtual. Andmesh Kamaleng, Ardhito Pramono, TheEverydayBand, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen feat Endah Laras, dan Yura Yunita menjadi penampil perhelatan musik bergengsi ini. Para musisi membawakan lagu-lagu mereka dalam jazz version.

Nadin Amizah tampil memukau serasi dengan latar Candi Prambanan yang megah. Begitu pun Yura Yunita yang tetap anggun walau sempat bernyanyi di bawah guyuran hujan. Apresiasi patut diberikan kepada semua pengisi acara Prambanan Jazz 2020 Virtual Festival yang secara maksimal memberikan pertunjukan di tengah masa pandemi ini.

Official doc. Prambanan Jazz Festival