Share
Hadir Secara Virtual, Prambanan Jazz 2020 Tetap Digarap dari Candi Prambanan
Jodie Suherman
05 October 2020

Setelah berusaha keras untuk tetap menyelenggarakan Prambanan Jazz di Tahun 2020 ini. Rajawali Indonesia selaku promotor akhirnya mengumumkan secara resmi Prambanan Jazz 2020 harus diselenggarakan secara virtual.


Prambanan Jazz Festival berupaya konsisten di tengah Pandemi Covid-19 sebagai perhelatan tahunan, Prambanan Jazz Festival tetap berupaya konsisten menggelar pertunjukan di lokasi cagar budaya Candi Prambanan di tengah pandemi Covid-19. Penikmat Prambanan Jazz, tetap dapat menyaksikan pertunjukan di tengah-tengah keterbatasan.

Tidak mudah menyelenggarakan perhelatan ini. Proses panjang terkait perizinan penyelenggaraan harus dilalui demi terwujudnya Prambanan Jazz Festival 2020 di masa pandemi Covid-19. “Usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara,” ujar Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival.

Ia mengungkapkan situasi yang dihadapi saat ini sangat berbeda. Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan, tak terkecuali pelaku dan pekerja seni pertunjukan, seperti Prambanan Jazz Festival.

Rajawali Indonesia selaku promotor telah berupaya keras agar Prambanan Jazz Festival tetap dapat terselenggara secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, pandemi Covid-19 yang belum reda, terlebih melonjaknya angka kasus Covid-19 di Indonesia, membuat penyelenggara hanya mendapatkan izin pertunjukan secara online. Prambanan Jazz Festival harus mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan seluruh pihak yang terlibat.

“Kami turut prihatin dengan terus melonjaknya angka kasus Covid-19, namun kami ingin tetap menghadirkan PJF 2020 di tengah keterbatasan. Dengan berat kami sampaikan kepada #PJFLovers jika PJF 2020 tidak akan hadir secara offline,” ucap Anas.

Prambanan Jazz Festival 2020 akan ditayangkan secara virtual ditayangkan langsung dari Candi Prambanan pada 31 Oktober dan 1 November 2020 mendatang. Hal ini menjadi bentuk konsistensi Prambanan Jazz Festival yang tetap terselenggara di masa pandemi.

Menurut Anas, keputusan ini adalah langkah terbaik yang bisa ditempuh saat ini. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada #PJFLovers karena belum bisa menggelar perhelatan secara offline. Co-Founder Prambanan Jazz Festival, Bakkar Wibowo menambahkan “Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan digarap oleh Tompi untuk visual broadcastingnya. Seorang musisi yang akhir-akhir ini kerap menggarap film layar lebar sebagai film director atau sering didapuk menjadi video music director.”

Sederet musisi ternama tanah air akan tampil dalam Prambanan Jazz Virtual Festival 2020. Pada hari pertama, Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 akan menghadirkan Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata, dan Tompi. Sementara, pada hari kedua, Andmesh, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen, dan Yura Yunita menjadi penampil perhelatan musik bergengsi ini. Para musisi akan membawakan lagu-lagu mereka dalam jazz version.

Pembelian tiket Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 bisa dibeli secara online di www.tiketapasaja.com. Piihak Prambanan Jazz juga memberikan kebebasan bagi para pemilik tiket sebelumnya, untuk melakukan refund atau tetap menyimpan tiketnya untuk penyelenggaraan di tahun 2021. Informasi lebih detail mengenai prosedur refund serta cara menonton Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 bisa dilihat di website www.prambananjazz.com atau sosial media (IG / FB / Twitter) @PrambananJazz.