Share
Power Nap, Tidur Siang Singkat yang Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
18 March 2024

Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Namun dengan segudang aktivitas, kualitas tidur kerap kali menjadi hal yang kerap disepelekan. Power nap bisa menjadi salah satu alternatif yang baik untuk memulihkan energi Anda di tengah hiruk pikuk kesibukan.


Apakah Anda pernah mendengar istilah power nap. Dilansir dari Hellosehat, power nap adalah istilah untuk tidur siang singkat dengan durasi sekitar 15–30 menit. Tidur siang ini dilakukan dengan tujuan menambah power atau energi sehingga tubuh kembali bugar dan rasa kantuk berkurang.

POWER NAP

Tubuh memerlukan waktu 8 jam untuk beristirahat ketika malam, oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memerhatikan kualitas tidur agar tubuh tetap terasa fit. Meski hanya sebentar, power nap memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh di antaranya adalah sebagai berikut.

POWER NAP

Meningkatkan Konsentrasi

Power nap dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Hal ini terjadi karena pada saat tidur, otak akan menyatukan memori dari informasi yang baru dipelajari. Oleh karena itu, power nap dapat menjadi salah satu kegiatan yang efektif untuk mengistirahatkan dan menjernihkan pikiran Anda dari kesibukan.

Mengurangi Stres

Melakukan power nap selama kurang lebih 30 menit dapat membantu mengurangi kadar stres dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Saat tidur, tubuh memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Jika berkurang, maka tekanan darah dalam tubuh juga akan terkendali.

Mengurangi Rasa Lelah

Melakukan power nap dapat mengembalikan energi Anda yang hilang selama beraktivitas. Hal ini dikarenakan selama tidur singkat, tubuh memiliki kesempatan untuk merestorasi energi yang diperlukan untuk mengatasi kelelahan mental.