Share
Pola Lantai Checkerboard: Tren Retro yang Hidup Kembali Tahun Ini
Putrika Annaya Salsabila
11 August 2023

Bukan hanya di dunia mode, tren di dunia desain interior juga ternyata terus berputar. Berbagai gaya desain yang dulu disukai kian kembali meningkat popularitasnya. Salah satunya adalah pola lantai kotak-kotak atau checkerboard.


Sejak muncul di pusat-pusat restoran bergaya Amerika di tahun 1950-an, bahkan hingga arsitektur Romawi dan juga hieroglif Mesir kuno, lantai berpola kotak-kotak atau checkerboard selalu menjadi elemen desain klasik yang bisa melampaui batas waktu dan budaya.

Maka, tidak heran jika gaya desain ini kembali populer di tahun 2023. Lantas, apa sebenarnya yang membuat pola lantai kotak-kotak ini bisa begitu abadi?

Checkerboard Floor 1

Motif papan catur ini memiliki daya tarik yang tidak terkekang oleh waktu dengan keserbagunaannya. Lantai berpola kotak-kotak dapat dipadukan ke semua jenis dekorasi atau ruangan di rumah.

Kesederhanaan gaya desain inilah yang menjadikannya suatu elemen desain yang akan bertahan tanpa terbatas oleh waktu.

Tampilan sederhana, tapi tetap stylish, pada lantai checkerboard klasik akan memberikan cara dinamis untuk menyempurnakan penataan ruangan mana pun di rumah Anda, apa pun itu estetika desainnya.

Checkerboard Floor 2

Pemilihan gaya desain lantai checkerboard yang simpel juga bukan berarti Anda tidak dapat bereksperimen ketika menata ruangan Anda.

Salah satu tips agar sukses menciptakan ruangan yang indah dengan pola lantai kotak-kotak adalah dengan mengambil warna dari palet warna yang ada di bagian lain rumah Anda. Sebab, pola papan catur bukan berarti harus selalu berwarna hitam dan putih.

Memadukan elemen tekstur dan nada adalah kunci untuk menciptakan ruangan yang dinamis dengan keseluruhan estetika desain Anda.

Checkerboard Floor 4

Baik interior tradisional maupun modern, seperti gaya desain European dan Modern Farmhouse, penggunaan pola checkerboard pada lantai akan menambahkan pesona nostalgia yang tidak terkekang oleh waktu.