Picasso di Milan Fashion Week

Fashion24 September 2019

By Larasati Oetomo

Picasso di Milan Fashion Week

Brand mode asal Italia, Moschino, kembali mengejutkan Milan Fashion Week. Untuk koleksi Spring/Summer 2020 ini, perancang Jeremy Scott menghadirkan pionir kubisme Pablo Picasso ke dalam karya-karyanya.


Jeremy Scott kembali setelah sebelumnya dituduh memplagiat karya Edda Gimnes untuk sentuhan dadaisme pada koleksi Moschino-nya. Kali ini, ia menentukan standar yang lebih berbahaya, yaitu mencuri karya Pablo Picasso ke dalam karyanya.

Terinspirasi dari musik, seni rupa, dan kehidupan dan pelukis besar abad ke-20 Pablo Picasso, koleksi Moschino Spring/Summer 2020 didominasi oleh garis tegas, bentuk geometris, dan tentu saja—aksesoris yang tampak kelewatan.

Mulai dari gaun berbentuk (ya, berbentuk) pigura lukisan, viola tiga dimensi, hingga gaun geometris, sebutkan saja semuanya. Bagaikan karya seni, para model berjalan keluar dari ujung runway yang didesain bagai pigura lukisan bersepuh emas.

Ia juga masih mempertahankan sentuhan scribble and strokes berwarna pop yang menyerupai goresan cat minyak pada pakaian dan rambut para model. Ia juga tidak berkeberatan untuk memanfaatkan pola-pola yang berani seperti wajik pada kostum sirkus dan garis tebal berwarna-warni. Garis pundak yang tegas menjadi penopang karya kali ini, mulai dari atasan hingga gaun pengantin.