Perlu Diketahui, 5 Manfaat Penerapan Teknologi Smart Home di Era Modern

Tech & biz17 September 2021

By Venisa Ruth

Perlu Diketahui, 5 Manfaat Penerapan Teknologi Smart Home di Era Modern

Belakangan ini, teknologi smart home banyak diaplikasikan di berbagai rumah, termasuk di Indonesia.


Teknologi yang canggih tersebut tentunya tidak akan dipasang dalam rumah apabila tidak ada nilai manfaat yang bisa diambil. Membahas lebih jauh mengenai hal tersebut, berikut adalah manfaat penggunaan teknologi smart home.

Memudahkan Pekerjaan Anda

Teknologi smart home memberikan kemudahan dalam hidup. Bayangkan, AC, lampu dan lainnya bisa dihidupkan atau dimatikan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Ini memudahkan Anda ketika sedang berada di ruang yang berbeda, di luar rumah maupun sedang tidak bisa beranjak dari suatu tempat. Misalnya saja, Anda lupa mematikan AC ketika sedang berada di luar rumah, maka Anda bisa segera mematikan AC tersebut hanya melalui smartphone Anda saja.

Hemat Listrik

Jika Anda sudah bisa mengatur dan menghemat penggunaan energi di rumah, hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap tagihan penggunaan listrik. Bill listrik yang harus dibayar otomatis akan berkurang. Sehingga anggaran listrik bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Besarnya biaya hidup setiap bulan pun bisa dipangkas dengan penerapan teknologi rumah pintar ini.

Ramah Lingkungan

Karena peralatan elektronik sudah sangat efisien dipakai, tentunya hal itu berpengaruh besar terhadap lingkungan. Emisi gas buang yang dihasilkan oleh rumah Anda menjadi lebih sedikit, sehingga sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar untuk menghasilkan udara yang lebih sejuk dan keadaan yang lebih nyaman.
Keamanan rumah meningkat

Pemasangan sensor khusus yang diletakkan di depan pintu akan menjadikan tidak sembarang orang bisa keluar masuk rumah Anda. Ini juga menjadi salah satu kelebihan dari rumah pintar. Sensor tersebut dapat beragam, mulai dari fingerprint, password, atau foto wajah. Dengan begitu, rumah Anda akan menjadi lebih aman

Kualitas Hidup Meningkat

Pemasangan rumah pintar saat ini memang tergolong memerlukan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, hal itu akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga. Artinya, memasang smart home dapat menjadikan kehidupan keluarga lebih nyaman dengan kecanggihan teknologi serta menghadirkan kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas di rumah Anda.