Perkenalkan Koleksi Tenun Garut, Klamby Siap Tampil di London Fashion Week 2022
Dewi Anggriani Siregar
13 September 2022

Kabar membanggakan datang dari Klamby sebagai modest fashion brand Indonesia pertama yang berhasil melebarkan sayapnya di London Fashion Week 2022.


London fashion week merupakan sebuah pagelaran mode yang digelar 2 kali dalam setahun di London, yaitu pada bulan Februari dan September. Sebagai salah satu pekan mode paling bergengsi yang menyajikan deretan koleksi dari desainer ternama dan label legendaris dunia, tentu menjadi harapan para mode dan fashion brand untuk bisa menjadi salah satu bagian dari ajang dunia tersebut.

Diorganisir oleh British Fashion Council, London Fashion Week akan digelar secara resmi pada hari Selasa, 20 September 2022 mendatang. Salah satu kabar membanggakannya adalah sebuah local brand asal Indonesia akan turut menjadi bagian dari pagelaran fashion dunia tersebut. Hal ini tentu menjadi suatu pencapaian besar bagi industri fashion Tanah Air.

Langkah besar Klamby ini mendapat dukungan penuh dari banyak pihak termasuk pemerintah seperti Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London untuk mengharumkan Tanah Air Indonesia di kancah internasional.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam sambutannya juga turut menyampaikan perasaan bangganya terhadap Klamby atas kontribusi besarnya dalam dunia fashion Tanah Air. “Ini semua merupakan salah satu hasil kerja banyak pihak walaupun pemerintah mungkin belum bisa berbuat banyak, namun kita terus mendukung penuh. Kita juga turut mendukung pameran fashion yang sebentar lagi akan digelar, termasuk “Jakarta Muslim Fashion Week”. Ini semua memberi peluang yang sangat besar bagi Indoensia karena kita memiliki beragam kearifan lokal seperti dari daerah Sumatera Barat, Lampung, Bali, yang bisa menjadi sesuatu apabila dikemas dengan baik. Saya berharap semoga ke depannya, Indonesia bisa menjadi fashion atau modest nomor 1 di dunia.” ungkapnya.

Untuk London Fashion Week ini, Klamby telah mempersiapkan sebuah koleksi khususnya. Pilihan busana yang istimewa dengan sentuhan motif modern dan warna playful melalui koleksi Spring / Summer 2023 bertemakan “The Tudor Rose”. Nama koleksi ini diambil dari bunga favorite dari Ratu Elizabeth II, selain itu Tudor Rose merupakan bunga Nasional Inggris dalam sejarah War of the Roses. Pemilihan nama koleksi Klamby kali ini sekaligus dalam rangka mengenang kepergian Ratu Elizabeth II pada hari Kamis, 8 September 2022 kemarin.

“Tentunya sangat bangga sekali atas pengakuan terhadap modest fashion di kancah internasional seperti London Fashion Week 2022, Keberhasilan Klamby ini bukan kesuksesan sendiri semata namun ini adalah kesuksesan besar bagi industri fashion tanah air Indonesia. Aku mewakili tim Klamby ingin berterima kasih atas semua dukungan dari semua yang pihak yang terlibat di acara ini” Ujar Nadine Gaus, selaku Founder dari Klamby.

Nadine juga menjelaskan bahwa koleksi yang akan ia bawa ke London Fashion Week 2022 kali ini akan menampilkan sekitar 50% tenun Garut yang akan dimix and match secara global market. “Yang membuat aku terkejut, Garut tuh ternyata bagus bagus tapi ternyata masih banyak yang belum tau. Karena selama ini yang kita tau kan tenun ikat seperti yang dari Nusa Tenggara atau dari Sumatera. Sedangkan ini di Jawa Barat ada sebuah kain yang menurut aku sangat menarik dan mencuri perhatian banget.”

Nadine mengungkapkan bahwa tenun garut memiliki warna yang berani serta eksplorasi kain yang menggunakan natural viber. Mengingat global market yang saat ini berfokus terhadap green fashion, maka tenung Garut ini diharapkan dapat menjadi touch selling point yang baik untuk Klamby.

Klamby juga telah menggaet tiga public figure Indonesia yang akan menghadiri ke acara London Fashion Week 2022 yaitu Raisa, Patricia Gouw dan Tantri Namirah. Ketiga wanita berprestasi ini dipilih oleh Klamby karena menggambarkan kecantikan perempuan Indonesia dari beragam ras, suku, agama dan juga budaya.

“Aku tadinya sempet mikir emang aku bisa ya pakai baju-baju Klamby? Tapi ternyata setelah fitting aku sadar bahwa modest fashion tidak seterbatas itu dan bisa dipakai untuk semua orang, bisa digaya-gayain gimana aja. Kemarin pas fitting we had so much fun, mix and match, dan lain-lain. Bisa dilihat juga bahwa kita berasal dari profesi yang berbeda-beda, jadi Klamby bisa memfasilitasi semua profesi dan semua gaya.” ujar Raisa.