Dari Organisasi Konservasi sampai Podcast : Perjuangan Sepanjang Hayat Dr. Jane Goodall

Profile12 January 2021

By Annisa Laksmintari

Dari Organisasi Konservasi sampai Podcast : Perjuangan Sepanjang Hayat Dr. Jane Goodall

Jane Goodall adalah bukti hidup bahwa tidak pernah ada kata terlambat untuk membuat perubahan dan berbuat baik di dunia untuk sesama makhluk hidup dan untuk lingkungan. Sebagai seorang ahli etologi, lingkungan, penulis dan Utusan Perdamaian PBB berusia lanjut ini terus menyebarkan pesan harapannya, bahkan mencapai tonggak sejarah dan mendobrak batasan dengan podcast barunya di tahun 2020.


Salah satu wanita yang paling dikenal dan dihormati di dunia, Dr. Jane Goodall adalah kekuatan kebaikan yang tak terhentikan. Seorang pelopor di dunia sains, penelitian transformatifnya tentang perilaku simpanse menjadi yang pertama dari banyak penemuan ilmiah tentang primata. Tahun 2020 menandai peringatan 60 tahun dimulainya pengabdian seumur hidupnya mempelajari perilaku simpanse di Gombe, Tanzania ketika dia baru berusia 26 tahun.

The Jane Goodall Institute, organisasi konservasi komunitas global yang didirikannya, mengemban tugas untuk melanjutkan perjuangan dan visinya untuk melindungi simpanse dan juga menginspirasi seluruh umat manusia untuk membantu mengkonservasi alam untuk kebaikan semua makhluk hidup.

Sekarang berusia 86 tahun, dia berharap untuk meninggalkan jejak abadi pada kemanusiaan sebagai salah satu warisannya, yaitu “membantu orang, termasuk ilmuwan, untuk mengakui bahwa kita adalah bagian dari kerajaan hewan, sehingga kita memandang hewan dengan cara yang berbeda dan perlakukan mereka dengan lebih manusiawi, dengan lebih penuh kasih, ”jelasnya dalam wawancara dengan Forbes.

Dr. Jane Goodall juga percaya pada kekuatan pemuda untuk mengambil tindakan terhadap masalah yang penting bagi mereka, dimulai dari komunitas mereka sendiri. Program Roots and Shoots yang dipimpin oleh para pemuda, yang ia dirikan pada tahun 1991 di Tanzania, dimulai sebagai komunitas kecil yang terdiri dari 12 siswa sekolah menengah, namun sekarang telah berkembang menjadi ribuan anggota mulai dari taman kanak-kanak hingga mahasiswa, tersebar di hampir 100 negara di dunia. “Program ini memungkinkan mereka memilih proyek mereka, dan setelah mereka mengetahui masalahnya, mereka diberdayakan untuk mengambil tindakan. Kami mendengarkan mereka, ide-ide mereka, suara mereka, dan mereka mengubah dunia. Saat kita berbicara, mereka mengubah dunia,”jelasnya.

Mengubah dunia memang bukan tugas kecil. Tapi itu dimulai dengan langkah-langkah kecil, di lingkungan Anda sendiri. "Ada banyak sekali hal yang dapat kami lakukan secara lokal, dan itu membuat Anda merasa baik — Anda telah berhasil dalam sesuatu, Anda telah melakukan sesuatu, Anda dapat melihat hasil itu. Dan kemudian ketika Anda tahu bahwa ada orang lain yang sama seperti Anda melakukan hal yang sama, maka apa yang Anda lakukan akan berlipat ganda dan berlipat ganda, dan mengubah dunia. Dan kemudian Anda memiliki harapan, ”katanya.

Berbicara tentang harapan, Dr. Goodall baru-baru ini melakukan upaya untuk memperluas jangkauan globalnya dengan merangkul kekuatan teknologi untuk terhubung dan berbagi ide melalui podcast miliknya, Hopecast. Mengatasi masalah lingkungan dan sosial yang kompleks dan sulit yang melanda dunia saat ini, Dr. Goodall "akan menggunakan percakapan dan cerita tentang harapan dalam menghadapi kesulitan untuk menunjukkan kekuatan yang kita masing-masing miliki untuk menciptakan perubahan positif," menurut situs webnya.

“Dan pesan terpenting adalah: ingatlah bahwa setiap hari, setiap orang dari kita membuat dampak pada planet ini,” katanya. “Untuk memikirkan tentang apa yang Anda lakukan setiap hari dan untuk membuat pilihan yang etis dan penuh kasih dalam apa yang Anda makan, apa yang Anda beli, apa yang Anda kenakan. Dan sadari bahwa bukan Anda sendiri — bersama-sama, secara kolektif, kita membuat perbedaan. Dan ada jendela waktu, tapi kita harus bersama-sama dan mengambil tindakan sekarang,”ujarnya.