Share
Perjuangan Celine Dion Lawan Stiff-person Syndrome akan Dibuat Film Dokumenter
Dewi Anggriani Siregar
31 January 2024

Penyanyi legendaris Celine Dion akan segera merilis film dokumenter terbarunya bertajuk "I Am: Celine Dion".


Meski belum diketahui secara pasti kapan tanggal perilisan film dokumenter yang satu ini, film yang digarap oleh sutradaran Irene Taylor ini menyoroti kehidupan Celine Dion yang berfokus pada kehidupan dan perjalanan karir seorang Celine Dion. Film dokumenter ini belatar satu tahun di mana Celine Dion membuka kehidupan pribadinyan sehingga dapat disaksikan oleh pemirsa saat ia menghadapi kelainan neurologis langka yang disebut sindrom orang kaku atau stiff-person syndrome, yang didiagnosisnya pada tahun 2022.

Stiff person syndrome sendiri merupakan sebuah kelainan autoimun dan neurologis yang menyebabkan kekakuan pada batang tubuh dan anggota badan. Gejalanya juga berupa kejang otot, yang memengaruhi kemampuan Dion dalam menyanyi dan tampil, dan dapat dipicu oleh rangsangan lingkungan seperti suara keras atau stres emosional.

I Am: Céline Dion sebagai “surat cinta yang emosional, energik, dan puitis untuk musik”. Dalam suatu pernyataan, Celine Dion menyampaikan harapan agar film dokumenter terbarunya ini dapat berharap agar dapat membantu orang-orang yang memiliki diagnose serupa.