Share
Perjalanan Dunia Fashion yang Luar Biasa dari Couturier Jepang Hanae Mori
Jasmine Ayunda
23 August 2022

Salah satu couturier terkenal Hanae Mori telah tutup usia pada 11 Agustus 2022 lalu, tetapi kreasi-kreasi brilliannya akan tetap mewarnai dunia fashion.


Ramah dikenal sebagai Madame Butterfly, Hanae Mori adalah wanita Asia pertama yang diakui oleh La Chambre Syndicale de la Couture Parisienne di Perancis serta salah satu dari hanya dua wanita Jepang yang mempresentasikan koleksinya di Paris dan New York.

Hanae Mori pertama membuka ateliernya diatas toko mie pada tahun 1951 silam. Kunjungannya di kota Paris membuatnya bertemu dengan Coco Chanel, yang memberi kesan kepada Mori dalam melanjutkan kariernya di dalam dunia fashion. Semakin dikenalnya nama Hanae Mori, baju-baju kreasinya pun kian menjadi favorit pesohor Hollywood, sebut saja Grace Kelly dan Nancy Reagan, tokoh terkenal Hillary Clinton, serta puteri kerajaan Jepang, Masako turun memakai gaun rancangan Hanae Mori pada hari pernikahannya dengan Kaisar Naruhito pada tahun 1993.

Desain-desain Hanae Mori banyak memiliki bentuk sayap kupu-kupu yang membuatnya dikenal sebagai “Madame Butterfly” serta juga kemampuannya dalam membaurkan gaya eastern dan western, seperti gaun-gaun yang terinspirasi oleh kimono.

Berikut foto dan desain yang paling memorable dari perjalanan karier seorang legenda mode, Hanae Mori:

Hanae Mori di akhir fashion show untuk musim fall/winter 2004 nya di Paris.

Salah satu baju dari koleksi Hanae Mori dengan desain khas kupu-kupu.

Grace Kelly dalam rancangan Hanae Mori.


Hanae Mori sedang mempresentasikan koleksinya kepada duta besar Jepang di London.

Gaun dengan aksen kimono rancangan Hanae Mori.

Foto: dok. CNN Style, Google Arts and Heritage