Share
Peringati Hari Perempuan Internasional, Google Tampilkan Doodle Spesial yang Menawan!
Dewi Anggriani Siregar
08 March 2024

Ada yang berbeda dengan tampilan Google hari ini. Saat membuka laman Google, Anda akan melihat doodle dengan sejumlah karakter dan warna yang menarik. Tampilan ini merupakan salah satu cara Google untuk merayakan International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia.


Dalam doodle tersebut Google menampilkan berbagai karakter wanita dengan lintas usia dan generasi yang kemudian terbingkai dalam sebuah lingkaran berbentuk huruf O. Huruf O menjadi representasi ‘Google’ yang digambarkan menggunakan symbol gender lingkaran di atas tanda silang yang melambangkan ‘perempuan’.

WOMENS DAY

International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional (IWD) sendiri telah diperingati sejak awal tahun 1900-an-masa ekspansi besar-besaran dan turbulensi di negara-negara industri yang ditandai dengan pesatnya pertumbuhan populasi dan munculnya ideologi radikal. Dikutip dari laman International Women’s Day, IWD merupakan hari libur resmi di banyak negara termasuk Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Burkina Faso, Kamboja, Tiongkok (khusus wanita), Kuba, Georgia, Guinea-Bissau, Eritrea, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Madagaskar (khusus wanita), Moldova, Mongolia, Montenegro, Nepal (khusus wanita), Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, Uganda, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam, dan Zambia. Tradisi ini melihat pria menghormati ibu, istri, pacar, kolega, dll dengan bunga dan hadiah kecil. Di beberapa negara, IWD memiliki status yang setara dengan Hari Ibu di mana anak-anak memberikan hadiah kecil kepada ibu dan neneknya.

WOMENS DAY

Diketahui bahwa tahun ini peringatan IWD mengangkat tema ‘Inspire Inclusion’, yakni bagaimana kita sebagai perempuan merayakan keberagaman dan pemberdayaan di seluruh aspek masyarakat. Untuk itu, peran inklusi diperlukan untuk guna mencapai kesetaraan.

Sudah selayaknya pula kita sebagai wanita untuk mendukung sesama. Sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menciptakan ruang aman dan nyaman bagi para wanita agar dapat berkarya dan menjadi setara dengan yang lainnya. Bahwa tidak ada pembeda kedudukan antara wanita dan yang lainnya, bahwa wanita bukanlah makhluk lemah yang kemudian dapat dibatasi pergerakan dan kreativitasnya. Semoga dengan memeringati Hari Perempuan Internasional tahun ini, semangat wanita semakin berkobar dan senantiasa menyala sepanjang masa. Selamat Hari Perempuan untuk seluruh Perempuan di dunia!