Share
Peringati 50 Tahun Hubungan Diplomatik, Choi Siwon Jadi Duta Promosi Budaya Korea-Indonesia
Yuswialdyth Ardelia Almira
12 April 2023

Bintang K-POP Choi Siwon, resmi dipilih menjadi Duta untuk Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Korea.


Pada Senin (11/04) lalu, Choi Siwon resmi dilantik menjadi duta hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Indonesia yang ke 50- tahun. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin.

"Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang memiliki hubungan Kemitraan Strategis Khusus (Special Strategic Partnership) dengan Korsel," menurut keterangan tertulis dari Kedutaan Besar Republik Korea, Senin, 10 April 2023.

Park Jin menambahkan bahwa pemerintah Korea Selatan akan memanfaatkan momentum peringatan hubungan diplomatik ini sebagai cara untuk meningkatkan kerja sama antara dua belah negara. Ia juga berharap bahwa Siwon dapat berkontribusi dalam meningkatkan hubungan antara dua negara.

Choi Siwon, yang sebelumnya juga sempat menjadi Duta Besar Regional UNICEF untuk Asia Timur dan Pasifik ini memberikan komentarnya. “Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar hubungan Korea dan Indonesia dapat dipererat," kata Siwon.

Dengan diangkatnya Siwon menjadi Duta Promosi Budaya, diharapkan budaya antara kedua negara dapat dipromosikan dengan baik dan daapt dinikmati pula oleh masyarakat luas. Adapun sejumlah kegiatan akan digelar sepanjang tahun untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea Selatan-Indonesia.