Share
Perayaan Seni Sinema Karya Sineas Lokal dan Internasional dalam Film Festival
Amelye Putri Dewanti
22 February 2024

Persembahan karya-karya pilihan dunia dalam "Love’s Mosaic - A Cinematic Celebration of Human Connection" di Plaza Indonesia Film Festival 2024.


Plaza Indonesia mengumumkan kembalinya Plaza Indonesia Film Festival (PIFF) 2024, sebuah acara yang telah menjadi sorotan sejak 2015 di Indonesia. PIFF dianggap sebagai salah satu perayaan sinema yang paling dinantikan, menampilkan tema "Love’s Mosaic - A Cinematic Celebration of Human Connection".

PIFF 1

Zamri Mamat selaku Wakil Kepala Marketing Plaza Indonesia, menegaskan pentingnya acara tersebut sebagai bentuk komitmen Plaza Indonesia dalam mendukung perkembangan industri film di Indonesia. PIFF 2024 akan mempersembahkan sejumlah film terbaik dari dalam negeri dan luar negeri, yang meliputi berbagai genre dan menghadirkan kisah-kisah yang menyentuh.

PIFF 3

Film-film yang akan diputar termasuk karya-karya seperti SARA dari Ismael Basbeth, Women From Rote Island dari Jeremias Nyangoen, Fallen Leaves dari Aki Kaurismaki, The Zone of Interest dari Jonathan Glazer, Four Daughters dari Kaouther Ben Hania, dan In Our Day dari Hong Sang-soo.

Para kurator film PIFF, Sugar & Liya dari Amygdala Cinema, menyoroti tema yang menginspirasi festival ini yang mengajak penonton untuk menikmati serta menjelajahi beragam nuansa emosi dan pengalaman manusia yang disajikan melalui layar perak.

Dalam kesempatan ini, film SARA menjadi salah satu topik yang di bahas dalam konferensi pers, Asha Dara, salah satu pemerannya, menyampaikan kegembiraannya untuk berbagi pengalaman dalam film tersebut dengan penonton PIFF. Dia meyakini bahwa SARA tidak hanya akan memberikan hiburan, tetapi juga akan meninggalkan kesan mendalam, memicu pembicaraan tentang kesetaraan gender, pelestarian budaya, dan kekuatan narasi.

PIFF 2

Isu-isu yang diangkat dalam film SARA mungkin masih dianggap sensitif bagi sebagian orang di Indonesia tetapi Ismail Basbeth berhasil mengemasnya dengan menonjolkan aspek kemanusiaan. Bahkan, film tersebut berhasil meraih pengakuan di panggung internasional seperti Busan International Film Festival 2023.

Charlie Meliala, Produser dari film SARA, menyatakan bahwa partisipasi film mereka dalam PIFF merupakan suatu kehormatan, karena festival ini memberikan peluang bagi mereka untuk memperluas jangkauan penonton dan memperkuat hubungan antara pembuat film dan penonton.

Plaza Indonesia Film Festival 2024 akan berlangsung dari 20 hingga 23 Februari 2024 di XXI Plaza Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal acara dan pembelian tiket dapat ditemukan di situs web resmi PIFF, piff.plazaindonesia.com.