Peraturan Baru untuk Mengunjungi Pohon Natal Rockefeller Center yang Iconic

Art & Culture03 December 2020

By Annisa Laksmintari

Peraturan Baru untuk Mengunjungi Pohon Natal Rockefeller Center yang Iconic

Rockefeller Center merupakan salah satu tempat wisata yang khas dikunjungi di Manhattan, New York, terutama pada saat Natal dan Tahun Baru. Pada suasana akhir tahun di tahun-tahun sebelumnya, lokasi ini dikunjungi oleh sekitar 750 ribu orang per hari.

Dengan kondisi pandemic global yang sedang berlangsung, terdapat beberapa peraturan baru yang diterapkan bagi turis yang tetap menyambangi lokasi tersebut untuk melihat pohon Natal raksasa berjenis Norway Spruce setinggi 75 kaki (sekitar 23 meter) ini.


Seremonial penyalaannya tertutup bagi umum

Acara penyalaan pohon Natal megah ini menjadi suatu acara yang dinantikan, bahkan menjadi tradisi, oleh banyak orang dari tahun ke tahun. Penyalaannya kerap dihadiri oleh berbagai selebritis dan terbuka untuk umum. Namun sayangnya, upacara dilakukan pada hari tanggal 2 Desember lalu ini tertutup bagi pengunjung, namun disiarkan secara live di stasiun televisi NBC. Pada kesempatan ini, pohon dengan berat 11 ton ini dihias menggunakan 50 ribu lampu LED.

Melihatnya dari jauh dan dibatasi hanya 5 menit

Center Plaza, tempat pohon Natal didirikan, tertutup untuk umum. Untuk melihat pohon Natal Rockefeller Center, pengunjung dapat menuju ke salah satu ‘tree viewing entrances’ di perempatan jalan 49th dan 50th dan 5th Avenue dan 6th Avenue. Disana telah terpasang marka untuk social distancing bagi para pengunjung, dan hanya diberikan 5 menit bagi setiap grup (maksimal 4 orang) untuk berfoto-foto dan menikmati pemandangan pohon Natal yang indah tersebut.

Untuk masuk ke zona ‘tree viewing’ calon pengunjung harus melakukan scan QR code dekat Rockefeller Center, lalu akan menerima SMS berisi waktu tunggu dan waktu giliran.

Protokol kesehatan COVID-19

Di zona ‘tree viewing’, para pengunjung wajib menggunakan masker, serta berdiri pada marka untuk social distancing yang telah ditentukan. Waktu kunjungan serta jumlah maksimal dalam grup juga telah dibatasi.

Jam buka

Pohon yang telah dihias ini akan dibuka setiap hari sampai awal Januari 2021 untuk pengunjung dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Khusus hari Natal, jam berkunjung 24 jam dan pada malam Tahun Baru, jam berkunjung adalah jam 6 pagi sampai jam 9 malam.