Share
Penyanyi dan Aktris, Jane Birkin Meninggal Pada Usia 76 tahun
Novita Angelina
17 July 2023

Aktris kelahiran London, Jane Birkin yang menjadi sosok inspirasi di balik tas mewah Birkin tutup usia.


Kementerian Kebudayaan Perancis serta media Prancis baru saja mengabarkan bahwa aktris dan penyanyi Jane Birkin ditemukan tak bernyawa di rumahnya. Surat kabar Prancis Le Figaro melaporkan bahwa sebelumnya Birkin sempat menderita masalah kesehatan dalam beberapa tahun terakhir yang membuatnya tidak bisa tampil dan penampilan publiknya menjadi jarang.

Jane dikenal sebagai sosok seniman yang mempesona Prancis dengan keanggunan, gaya, fesyen serta aksen Inggrisnya yang kental. Tidak hanya itu, ia juga dikenal karena hubungan musikal dan romantisnya dengan penyanyi Prancis Serge Gainsbourg.

Lagu-lagu mereka, terutama yang berjudul "Je t'aime moi non plus" menampilkan suara nyanyian halus Birkin beraksen Inggris yang indah menjadi sempurna dengan suara bariton-nya Serge yang khas. Tidak hanya menjadi penyanyi, Jane juga dikenal sukses membintangi beberapa film, termasuk perannya dalam "Blow-Up" pada tahun 1966 dan "Death on the Nile" di tahun 1978.

Yang menariknya, bintang ini dikenal sebagai inspirasi di balik tas Birkin, tas desainer yang dibuat oleh Hermès. Tas eksklusif, yang dijual seharga $9.000 hingga $500.000 dan sulit didapat, menjadi sangat disukai oleh banyak selebriti nasional dan internasional.

Birkin juga dikenal di Perancis karena kiprah politiknya sebagai aktivis. Pada tahun 2022, ia bergabung dengan bintang Prancis lainnya dalam memotong rambut untuk mendukung wanita Iran yang memprotes undang-undang kesopanan yang menindas mereka. Charlotte Gainsbourg, putri Birkin dengan Gainsbourg, memotong seikat rambut ibunya untuk menghormati Mahsa Amini, yang meninggal setelah ditangkap oleh polisi moralitas.