Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Penyanyi Berbakat Tiara Andini Bagikan Cerita dan Misi untuk Capai Kesuksesan

Profile16 August 2021

By Listya Manopo

Penyanyi Berbakat Tiara Andini Bagikan Cerita dan Misi untuk Capai Kesuksesan

Selain menyebarkan semangat hidup yang luar biasa, seorang Tiara Andini tanpa lelah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk lebih dalam lagi menggali bakatnya dalam menyanyi.


Penyanyi, aktris dan presenter Indonesia, Tiara Anugrah Eka Setyo Andini, lahir pada 23 September 2001. Penyanyi yang lebih dikenal dengan nama panggung Tiara Andini, mulai tenar di publik, terutama sejak debutnya di Indonesian Idol 2020 dimana ia berhasil meraih juara kedua pada ajang kompetisi tersebut. Sebagai runner up, Tiara berhasil memikat hati banyak penggemar dengan semangatnya yang menginspirasi, suaranya yang merdu dan penampilannya yang menawan.

Menjadi sosok yang energik dan ceria, Tiara telah menghabiskan hidupnya mencari tahu hasratnya dengan mencoba semua yang ditawarkan kepadanya. Ternyata dari situ dia menemukan bahwa tujuan hidupnya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui seni menyanyi. Sekarang dengan usianya yang sudah menginjak 19 tahun, ia menyadari bahwa menyanyi saja tidak cukup, ia bersemangat untuk mencoba hal-hal lain yang ditawarkan di industri hiburan.

Tiara sendiri sudah memiliki hobi menyanyi sejak duduk di bangku taman kanak-kanak, dan mulai berlatih vokal sejak kelas lima SD. Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara dan sejak kecil ia sudah bergabung dan menjadi anggota aktif Jember Fashion Carnaval yakni sebagai model cilik di acara tersebut. Di tahun 2018, Tiara bahkan dipercaya untuk tampil dalam peragaan busana Jember Fashion Carnaval bertema Korea Selatan pada penutupan Asian Games 2018.

Meski Tiara hanya menjadi runner-up atau menempati posisi kedua di ajang Indonesian Idol season 10, ia berhasil membuktikan pencapaian dirinya dengan menunjukkan rilisan musik terbaru, kemampuan akting, dan bahkan menjadi pembawa acara harian dalam acara Dahsyatnya 2020 yang ditayangkan di RCTI. Di setiap penampilannya, ia terlihat sangat anggun, tenang, dan diterima dengan sangat baik oleh para penggemarnya. Tiara tampak seperti dilahirkan untuk selalu bersinar di atas panggung, khususnya menjadi seorang entertainer.

Kesuksesannya tumbuh perlahan setelah ia secara resmi mengukuhkan karir musiknya dengan mengeluarkan hit demi hit yang jelas dipuja oleh masyarakat Indonesia. Pada 9 Juli 2020, Tiara merilis sebuah lagu ballad yang berjudul "Maafkan Aku #TerlanjurMencinta" yang ditulis oleh Yovie Widianto. Setelah dirilis dan bahkan hingga saat ini, lagu tersebut cukup banyak dinikmati di gelombang radio, mencapai nomor 1 di semua tangga lagu platform musik digital di Indonesia dan video musik untuk lagu tersebut menduduki peringkat nomor trending YouTube di Indonesia.

Baru-baru ini, peraih penghargaan IBW (Perempuan Cantik Indonesia) 2021 kembali merilis lagu dance pop yang ditulis oleh trio komposer yang saat ini sedang diminati karena bakat mereka membuat lagu sederhana namun catchy, Laleilmanino, yang berjudul 'Hadapi Berdua.' Tiara menceritakan kisah di balik lagu tersebut kepada para penggemarnya. “Lagu ini bercerita tentang pasangan muda yang menjalin hubungan, tetapi menghadapi beberapa masalah karena banyak orang dalam hidup mereka tidak mendukung. Namun, mereka berjanji untuk tetap bersama dan menyelesaikan masalah bersama,” ungkapnya.

Si cantik berkulit putih ini membagikan aktivitasnya selama setahun terakhir pada masa pandemi ini. “Sebagai penyanyi dan figur publik, tentu saya ingin bertahan di masa pandemi. Bagaimana saya melakukan itu? Saya terus bekerja sekeras melakukan hal yang saya bisa, bahkan ketika di rumah. Karena pekerjaan utama saya adalah menyanyi, saya bisa lebih banyak berlatih, atau saya bisa mengcover lagu orang lain, atau melakukan kegiatan lain yang positif. Jika kita ingin mencoba, sebenarnya ada banyak peluang yang bisa kita gunakan bahkan di masa-masa sulit ini,” cerita Tiara.

Melihat Tiara sekarang, dia benar-benar memancarkan kepercayaan diri yang tinggi dalam semua kegiatan yang dia lakukan. Hal ini karena sikap positif yang ia miliki serta dukungan besar yang dia terima dari orang-orang di sekitarnya. Berbekal bakat alami dan tekad yang kuat, wanita muda pekerja keras ini terus menjalankan misi untuk menjadi versi terbaik dari dirinya dan menjadi sukses di masa depan.

Photos WINSTON GOMEZ
Stylist ELCO FREBLIAMAN
Makeup TAMA PRAHTAMA
Hair FIRDAJEAN
Cc TWIITAI
Nails LINNEA BEAUTY BAR
Studio 11.11 STUDIO JAKARTA
Asst. Stylist STEFFI SANTA