Share
Pentingnya Memahami Love Language Diri dan Pasangan Agar Hubungan Awet, Berikut 5 Jenisnya!
Annisa Indah
21 September 2021

Love language adalah cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain. Selain itu, love language juga menggambarkan preferensi personal terkait bentuk perlakuan yang bisa membuat seseorang merasa dicintai oleh pasangannya. Dilansir dari Riliv, aplikasi yang memberikan layanan kesehatan mental, saling mengenali dan mengerti kebutuhan love language pasangan Anda akan menjadikan hubungan anda hangat, menyenangkan dan langgeng.


Mengapa demikian penting untuk mengetahui love language diri sendiri dan pasangan? Hal ini agar Anda bisa menyenangkan pasangan sesuai dengan love languagenya. Anda tidak memaksakan pasangan Anda bahagia dengan pelukan bila yang dia butuhkan adalah bantuan.

Dengan memahami love language pasangan Anda dan saling mengerti preferensi personal masing-masing, dapat menimbulkan perasaan lebih disayang dan dihargai, sehingga hubunganpun semakin awet.

Apa saja jenis-jenis love language yang ada? Simak 5 jenis love language di bawah ini!

1. Word of affirmation

Jika Anda memiliki jenis love language yang pertama, Anda akan mengungkapkan rasa cinta dan juga merasa dicintai saat mendapatkan pujian, apresiasi, dan berbagai kalimat afirmasi lainnya yang mengekspresikan rasa cinta. Makanya Anda akan merasa sangat bahagia saat mendengar pasangan mengatakan “Kamu cantik” atau “I love you” atau “Aku sayang kamu”.

2. Receiving gift

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki love language jenis receiving gift, Anda akan merasa disayang saat menerima hadiah. Bukan karena nilai dari hadiah yang diberikan, namun karena niat baik dan usaha pasangan untuk mencari dan membeli hadiah.

3. Physical touch

Berbeda dengan 2 jenis love language sebelumnya, Anda yang memiliki love language physical touch akan merasa dicintai dan menunjukkan rasa cinta dengan melakukan skinship. Misalnya Anda akan memeluk pasangan sebagai cara menunjukkan rasa sayang atau Anda berharap pasangan merangkul Anda saat merasa sedih.

4. Acts of service

Jika Anda memiliki love language berupa act of service, Anda lebih suka pasangan yang memberikan aksi nyata. Misalnya saat melihat Anda lelah, pasangan langsung peka dan berinisiatif membereskan rumah. Tipe love language ini tak terlalu mengindahkan kata-kata penghiburan, dan lebih menghargai jika pasangannya take action.

5. Quality time

Yang love languagenya adalah quality time, Anda akan merasa sangat senang saat bisa menghabiskan waktu berdua bersama pasangan seperti menonton film bersama, melakukan hobi bersama, atau travelling bersama.