Share
Pentingnya Hapus Makeup Untuk Selalu Tampil Awet Muda
Adelia Ayu
30 November 2020

Cukup dengan rutin menghapus makeup sebelum tidur atau setelah beraktivitas, Anda dapat membantu kulit tumbuh lebih sehat dan tampil lebih muda.


Bagaikan sebuah kontradiksi, makeup dapat menunjang penampilan sekaligus membuat wajah terlihat kusam. Kandungan bahan kimia dan minyak yang terdapat di dalamnya membuat kulit tidak sehat apabila tidak dibersihkan secara rutin. Minyak yang terjebak di dalam pori-pori kulit dapat menimbulkan jerawat dan menghambat pertumbuhan sel kulit sehat.

Tampilan awet muda didapat dari regenerasi sel kulit baru dan kurangnya paparan bahan kimia dan radiasi. Paparan radiasi bebas pada siang hari ‘terkunci’ dan menciptakan lapisan baru di atas makeup yang dikenakan sepanjang hari. Radiasi yang ‘terkunci’ tersebut dapat mempercepat proses penuaan dan memicu kanker kulit.

Dengan rutin menghapus makeup, Anda dapat terhindar dari penuaan dini dan juga berbagai penyakit kulit yang ditimbulkan kulit kotor. Gerakan memijat yang dilakukan di seputar wajah saat menghapus makeup dapat merangsang regenerisasi kulit dan membuat kulit tampak merona. Jangan lupakan T-Zone dan leher yang memiliki garis lipatan dan sudut yang jarang terjamah dalam proses cuci muka dengan air.

Hindari face toner dengan alkohol dan fragrance berlebih karena dapat membuat kulit kering. Gunakan micellar water dan reusable wipes untuk hasil kulit yang lebih kenyal dan sehat. Apabila Anda termasuk pribadi yang cepat mengantuk, taruh kapas dan set alat pembersih muka di samping bantal agar tidak melupakan rutinitas membersihkan makeup setiap malam.