Share
Pengisi Suara Mama Coco Ana Ofelia Murguia Meninggal di Usia 90 Tahun
Trisha Aulia
02 January 2024

Ana Ofelia Murguia, aktris asal Meksiko yang dikenal sebagai pengisi suara karakter Mama Coco dalam animasi Disney "Coco", telah mengembuskan napas terakhir pada usia 90 tahun.


Mama Coco 2

Kabar duka ini diumumkan oleh Institut Kesenian dan Sastra Nasional Meksiko (NIFA) melalui sebuah unggahan di media sosial Twitter pada Minggu (31/12).

"Dengan kesedihan yang mendalam, kami menyesali kematian aktris terkemuka Ana Ofelia Murguia, yang merupakan bagian dari pemeran tetap @CNTeatromx del #INBAL dan yang karir artistiknya sangat penting bagi seni pertunjukan Meksiko,” tulis institut tersebut. “Kami menyampaikan belasungkawa dan pelukan hangat kepada keluarga dan teman-temannya," sambungnya.

Dunia tengah berkabung atas kepergiannya yang begitu mendadak. Meskipun demikian, hingga saat ini, belum ada keterangan lanjut mengenai penyebab meninggalnya Ana Ofelia Murguia.

Murguia tidak hanya dikenal karena perannya dalam "Coco" saja. Sepanjang kariernya yang panjang, ia telah membintangi lebih dari 70 film dan 90 drama panggung. Di antara film-film yang ia bintangi termasuk "Life Sentence" dan "The Queen of the Night". Namun, perannya sebagai Mama Coco lah yang mencuri perhatian dunia dan memperkenalkan Murguia kepada penonton internasional.

Dalam "Coco", Murguia dengan apik menghidupkan karakter nenek tua bernama Imelda Rivera, atau yang akrab disapa Mama Coco. Ia berhasil menyampaikan kehangatan, kelembutan, dan juga sedikit kenakalan yang dimiliki Mama Coco. Suaranya yang khas dan penuh kasih sayang menjadi ikonik dan tak terpisahkan dari keberhasilan film tersebut.

Mama Coco

"Coco" sendiri bercerita tentang Miguel, seorang anak laki-laki yang bermimpi menjadi musisi namun ditentang oleh keluarganya. Miguel kemudian secara ajaib terdampar di Land of the Dead, di mana ia berusaha untuk membatalkan kutukan keluarga yang melarang musik dan bersatu kembali dengan leluhurnya. Film ini tidak hanya meraih kesuksesan komersial tapi juga memenangkan berbagai penghargaan, termasuk penghargaan Academy Award untuk Best Animated Feature.

Kepergian Murguia tentu menjadi kehilangan besar bagi dunia perfilman, khususnya di Meksiko. Kontribusinya dalam memajukan seni dan budaya akan terus dikenang. Suaranya yang penuh cinta dan penuh kehidupan akan terus abadi dalam hati para penggemarnya, terutama dalam karakter Mama Coco yang ia bawakan dengan begitu sempurna.