Penggunaan Makeup saat Olahraga Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Kulit
Shela Dhamayanti
16 April 2022

Karena memiliki segudang kesibukan, banyak orang biasanya banyak menggunakan kesempatan usai jam kerja untuk berolahraga. Hasilnya mau tak mau, beberapa orang masih menggunakan makeup saat olahraga.


Sebenarnya yang perlu Anda ingat menggunakan makeup saat berolahraga sangat tidak disarankan. Kulit membutuhkan waktu untuk bernapas dan saat olahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Apalagi jika Anda berolahraga di luar ruangan dan menghabiskan banyak waktu di bawah matahari. Berikut beberapa bahaya yang muncul ketika Anda menggunakan makeup saat berolahraga.

Pori-pori Tersumbat

Hal penting yang harus diketahui bahwa aktivitas olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membuka pori-pori. Jika terdapat lapisan makeup, maka akan terjadi penyumbatan pori sehingga kulit tidak bisa bernapas.

Menimbulkan Milia

Milia adalah benjolan kecil yang sangat mengganggu penampilan. Milea biasanya muncul di daerah dekat mata, hidung, dan pipi. Hal ini terjadi ketika adanya keratin yang terjebak di bawah lapisan kulit.

Timbulnya Jerawat dan Iritasi

Kosmetik berupa foundation berfungsi untuk menutup semua noda serta menutup pori-pori. Lapisan tersebut akan bercampur dengan keringat saat Anda berolahraga. Saat berolahraga tentu suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan berusaha mengeluarkan panas melalui keringat yang keluar lewat pori-pori.

BACA JUGA: Rahasia Atasi Berbagai Permasalahan Kulit saat Jalani Ibadah Puasa