Penggambaran Tahun 2021, Dua Warna Pilihan Pantone Colors of the Year 2021

Design16 December 2020

By Annisa Laksmintari

Penggambaran Tahun 2021, Dua Warna Pilihan Pantone Colors of the Year 2021

Setiap akhir tahun, perusahaan cat ternama melalui Pantone Color Institute-nya mengumumkan sebuah warna yang merupakan prediksi untuk tahun yang akan mendatang, berdasarkan trends yang terjadi di bidang fashion, arsitektur, seni, dan bidang kreatif lainnya.

Untuk akhir tahun 2020 ini, Pantone melakukan sesuatu yang di luar kebiasaannya, yaitu memilih DUA warna untuk Color of the Year-nya. Ini merupakan kejadian yang langka dan baru terjadi satu kali selama dua dekade terselenggaranya pemilihan Color of the Year ini.


Tahun ini, Color of the Year dari Pantone ada dua: warna kuning cerah bernama Illuminating (Pantone 13-0647) dan warna abu-abu klasik bernama Ultimate Gray (Pantone 17-5104), yang menggambarkan perasaan optimis dan dapat diandalkan.

“Tidak ada satu warna yang dapat menggambarkan arti dari momen secara keseluruhan,” ujar Laurie Pressman, wakil presiden Pantone Color Institute dalam sebuah wawancara. “Kita semua menyadari bahwa kita tidak dapat melalui semua ini sendiri. Kita semua memiliki pemahaman yang lebih mendalam betapa kita saling memerlukan satu sama lain, dukungan emosional, dan harapan.”

Menurut media Fast Company, Pantone memilih warna Illuminating terlebih dahulu sebagai warna Color of the Year 2021, dan kemudian menambahkan warna kedua beberapa bulan kemudian. Kedua warna ini diharapkan agar dilihat dan diinterpretasikan sebagai suatu pasangan.

Kedua warna ini juga sangat memungkinkan untuk muncul di bidang fashion. Menurut Pantone, dalam sebuah press release,” Illuminating dengan sentuhan Ultimate Gray menggambarkan suatu pesan sinar matahari dan kekuatan. Ultimate Gray yang kuat memberikan landasan yang baik, dengan Illuminating membawa kecerahan melalui syal, alas kaki, tas, dan atasan. Dengan kehadirannya yang penuh energi, gabungan antara Ultimate Gray dan Illuminating menjadi kombinasi yang baik untuk activewear. Kontras dengan visibilitas tinggi, Illuminating dan Ultimate Gray menjadikan outerwear lebih menarik.”