Pangeran William dan Harry Hadir dalam Peluncuran Patung Putri Diana

Art & Culture02 July 2021

By Novita Angelina

Pangeran William dan Harry Hadir dalam Peluncuran Patung Putri Diana

Dua bersaudara, Pangeran William dan Harry hadir bersama untuk menghormati mendiang ibu mereka, pada peluncuran patung Putri Diana sekaligus perayaan hari ulang tahunnya yang ke-60.


Pada hari Kamis, 1 Juli 2021 kemarin, dua pangeran Inggris menghadiri perayaan ulang tahun Princess of Wales yang ke-60. Acara ini dilakukan secara tertutup dan hanya dihadiri oleh kerabat dekat dari Putri Diana, seperti saudar laki-laki Diana, Charles Spencer dan dua saudara perempuannya, Lady Sarah McCorquodale dan Lady Jane Fellowes.

Pada momen ini sekaligus menjadi peluncuran patung patung Putri Diana hasil karya seniman Ian Rank-Broadley. Patung ini rencananya akan ditempatkan di Sunken Garden, Kensington Palace, yang merupakan tempat favorit mendiang Putri Wales. Selain keluarga dekat, Rank-Broadley dan Pip Morrison, yang mengawasi desain ulang taman untuk acara tersebut, juga hadir, bersama dengan Rupert Gavin, the chair of Historic Royal Palaces.

Kedua pangeran itu mengungkapkan bahwa pada ulang tahun ibunya yang ke-60, mereka masih mengingat cinta, kekuatan dan karakter sang ibu. Sebuah kualitas yang menjadi kekuatan untuk kebaikan di seluruh dunia, mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik. “Setiap hari, kami berharap dia masih bersama kami, dan harapan kami adalah patung ini akan dilihat selamanya sebagai simbol kehidupan dan warisannya,” tambah mereka.

Mereka juga berterima kasih kepada Ian Rank-Broadley, Pip Morrison, dan tim mereka atas pekerjaan mereka yang luar biasa, serta kepada teman-teman dan donor yang membantu mewujudkan ini, dan kepada semua orang di seluruh dunia yang menjaga ingatan tentang Putri Diana tetap hidup.

Istana Kensington menjelaskan melalui rilisnya bahwa patung perunggu itu bertujuan untuk mencerminkan kehangatan, keanggunan, dan energi Putri Wales Diana, di samping pekerjaannya dan pengaruhnya terhadap begitu banyak orang. “Meskipun Diana hanya memiliki dua anak (Harry dan William), patungnya dikelilingi oleh tiga anak yang mewakili universalitas dan dampak generasi dari karya Sang Putri," ungkap istana.

Sebuah plakat di bawah patung mengungkapkan kutipan dari puisi "The Measure of A Man," yang menurut istana ditampilkan dalam upacara peringatan tahun 2007 untuk Diana pada peringatan 10 tahun kematiannya.

Pada hari itu, istri dari kedua pangeran, baik Kate Middleton maupun Megan Markle tidak terlihat menghadiri acara pembukaan tersebut. Seperti yang diketahui Meghan Markle baru saja melahirkan anak kedua Harry di awal bulan kemarin di California. Menurut informasi publik akan dapat mengunjungi dan menikmati patung di taman bertema putih ini mulai Jumat ini.