Share
Pameran Untuk Para Pecinta Wastra Indonesia dalam WARISAN 2022
Dimas Andriyanto
29 August 2022

Pameran WARISAN 2022 kembali hadir untuk para pecinta Wastra Indonesia dan karya adiluhung bangsa yang sarat akan tradisi dan kekayaan budaya Indonesia.


Pameran WARISAN diselenggarakan pada tanggal 24 - 28 Agustus 2022, bertempat di Jakarta Convention Center. Pameran yang diselenggarakan PT. Mediatama Binakreasi pada tahun ini diadakan secara offline setelah dua tahun mengalami penundaan karena pandemi.

Pameran WARISAN tahun ini mengusung tema “Batik Sekar Jagad” yang merupakan simbol kesatuan dan memiliki makna yang sangat dalam untuk menghargai perbedaan serta keanekaragaman dalam sudut pandang keindahan. Pameran WARISAN 2022 menjadi media yang tepat untuk membangun dan meningkatkan brand awareness produk wastra terbaik serta mutiara asli Indonesia kepada pengunjung.

Fokus produk yang ditampilkan dalam pameran WARISAN 2022 meliputi batik, tenun, dan mutiara laut. Batik yang dikhususkan dalam pameran ini adalah batik tulis, batik kombinasi tulis & Cap serta Batik Cap yang diproses 100% menggunakan malam panas. Adapun Tenun yang dipamerkan merupakan tenun asli ataupun songket Indonesia dan Mutiara asli Indonesia yang merupakan mutiara laut selatan atau south sea pearls.

Pameran WARISAN 2022 diikuti oleh 125 peserta dengan jumlah stan terbangun sebanyak 132 stan, terdiri dari 115 stan peserta individu, 6 stan peserta Dinas dan 11 stan peserta BUMN. Perajin, produsen dan pengusaha Batik, Tenun, dan Mutiara, para Eksportir, Agen dan Distributor, para kolektor, Asosiasi & Komunitas, BUMN & BUMD, serta Dinas pemerintahan pusat maupun daerah turut berpartisipasi dalam pameran ini.

Pameran warisan kali ini mengadakan program-program menarik seperti Acara Pembukaan, WARISAN Award, Draping Competition untuk SMKN terpilih, Pertunjukan seni & budaya, Talkshow & Workshop, Quiz & Gimmicks. pengunjung dan Pembeli dimanjakan dengan showcase beragam produk kreatif, ikon menarik dan catchy. Pengunjung yang datang tidak dikenakan tiket masuk atau gratis apabila menggunakan batik, tenun atau mutiara sebagai aksesoris, atribut atau pakaian yang dikenakan.

Pameran ini juga didukung oleh beberapa kementerian seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi & Usaha Kecil & Menengah, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan KUKM Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga dukungan dan kerjasama dari asosiasi-asosiasi seperti Yayasan Batik Indonesia (YBI), Cita Tenun Indonesia (CTI), Asosiasi Budidaya Mutiara Indonesia (ASBUMI), Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI), Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS), Asosiasi Produsen dan Pengusaha Batik Indonesia (APPBI) dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).