Onitsuka Tiger dan Valentino Garavani Rilis Sneaker Edisi Terbatas untuk Pasar Jepang

Fashion24 August 2020

By Larasati Oetomo

Onitsuka Tiger dan Valentino Garavani Rilis Sneaker Edisi Terbatas untuk Pasar Jepang

Brand streetwear Onitsuka Tiger gandeng brand luxury Valentino Garavani untuk hasilkan kolaborasi sneaker logomania. Kolaborasi ini dirilis sebagai bagian dari kampanye Men’s Fashion Autumn/Winter 2020 dari Valentino yang diumumkan awal tahun ini.


Sepatu olahraga ini mengambil desain dasar dari seri klasik Mexico 66 SD yang dikultuskan oleh banyak pecinta sneakers. Siluet bergaya era 60-an dari Mexico 66 SD ini dihiasi oleh monogram Valentino di sisi kiri dan kanan, memberikan kesan elegan pada sepatu sporty ini.

Valentino memang bukan brand high fashion pertama di dunia yang menciptakan crossover streetwear dan high fashion. Bahkan, sejak streetwear dan skatewear meledak di pasar anak muda urban dunia, sudah tak terhitung berapa banyak rumah mode yang menggandeng produsen sneakers kenamaan dunia.

Valentino Garavani mungkin tidak mendapatkan momen yang bombastis untuk mengejutkan para pecinta fesyen dengan kolaborasi kali ini, sebab pada akhirnya semua akan bergabung dalam bandwagon ini. Lalu, apakah sepatu hasil kolaborasi Onitsuka Tiger x Valentino Garavani kali ini betul-betul worth it?

Selain warna klasik putih dengan monogram hitam, Onitsuka Tiger x Valentino Garavani Mexico 66 SD ini juga tersedia dalam tiga pilihan warna elektrik: lime, fluorescent orange, dan neon pink camouflage. Pemilihan warna ini menambah kesan retro pada sneakers berbahan utama kulit sapi ini.

Keempat alternatif warna yang tersedia dibanderol harga flat $540 atau setara dengan sekitar Rp8 juta. Harga ini cukup relatif cukup ramah di kantung apabila dibandingkan dengan sneakers hasil kolaborasi Maison lain seperti Dior Nike Air Jordan 1, tentunya.

Semenjak resmi diluncurkan pada pertengahan tahun ini, sepatu edisi terbatas ini sudah menciptakan buzz tersendiri baik dari pasar Asia maupun Barat. Tersedia dalam ukuran pria standar Onitsuka Tiger, sayangnya Anda yang merupakan kaum hawa belum dapat mejeng dengan sepatu cantik ini.

Baru-baru ini, Pierpaolo Piccioli selaku direktur kreatif Valentino dan Onitsuka Tiger merilis dua alternatif warna tambahan untuk pasar asal Onitsuka Tiger yaitu Jepang. Para fans sneakers Jepang dapat memilih opsi triwarna khas model Mexico 66 “White/Blue Directoire” atau dwiwarna khas Valentino “White/Classic Red” yang dapat ditemukan di toko-toko terpilih di Jepang.

Menariknya, harga sepatu edisi spesial Jepang ini dipukul rata dengan opsi warna standar. Hasil penjualan dari edisi terbatas Jepang ini akan disumbangkan kepada NPO KIDSDOOR yang mendukung keluarga dengan anak yang terdampak pandemi COVID-19.