Olahraga Dipercaya Dapat Memperbaiki Kesehatan Mental
Ferrell Sahlah Anfasyah
31 October 2022

Beberapa ahli menyatakan olahraga ternyata dapat memperbaiki kesehatan mental.


Kesehatan mental dan kesehatan fisik sama-sama penting untuk dapat menjalani hidup dengan nyaman, tenang, dan bebas dari stress. Yang perlu Anda perhatikan, kesehatan mental dan fisik tentunya harus berdampingan.

Tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik, olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi stress, dan memicu kebahagiaan. Hal ini dikarenakan saat kita berolahraga, tubuh kita akan melepaskan hormon endorphin yang mana dapat meningkatkan suasana hati dan membuat tubuh kita menjadi rileks.

Menurut para ahli, olahraga juga berpengaruh pada kesehatan mental karena dengan berolahraga, seseorang dapat menjadi pribadi yang percaya diri, tidak mudah cemas, memiliki emosi yang stabil, dan cenderung menjadi lebih easy going.

Olahraga sendiri terdiri dari banyak macam. Jadi Anda tidak perlu bingung harus memulai olahraga yang seperti apa. Anda tidak harus memulainya dengan olahraga berat seperti mengangkat beban. Anda dapat memilih olahraga yang ringan seperti jogging santai selama 45 menit atau aktivitas fisik ringan lainnya. Dengan mulai berolahraga, Anda dapat merilekskan pikiran dan mengentengkan badan.

dr. Zulvia Syarif, SpKJ pernah memberi tips untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan bergerak rutin setiap harinya. Melakukan olahraga rutin dapat merangsang timbulnya rasa senang alami dari dalam tubuh sehingga Anda tidak butuh morfin untuk menjadi bahagia.