Nyamm! 3 Jenis Buah-Buahan Tak Hanya Enak, Tapi Juga Kaya Akan Serat

Wellness09 October 2021

By Annisa Indah

Nyamm! 3 Jenis Buah-Buahan Tak Hanya Enak, Tapi Juga Kaya Akan Serat

Pola makan yang kaya akan serat adalah kunci untuk nutrisi seimbang, dan jenis-jenis buah yang lezat ini dapat menyediakannya.


Serat sangat penting untuk diet sehat. Serat membantu banyak aspek kesehatan, dari kesehatan usus hingga kolesterol. Selain membantu menjaga tubuh Anda berfungsi secara optimal, makan serat juga membantu membuat Anda kenyang lebih lama, yang dapat bermanfaat untuk manajemen berat badan.

Mengkonsumsi makanan yang kaya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian pasti akan meningkatkan jumlah serat dalam makanan Anda tanpa bergantung pada suplemen atau resep dari dokter Anda. Buah-buahan tak hanya lezat, mudah didapat, dan juga sehat, kaya akan antioksidan, mineral, dan nutrisi penting lainnya, tetapi juga berfungsi sebagai sumber serat makanan alami yang sangat baik.

1. Berry
Raspberry dan blackberry menempati urutan teratas dengan sekitar 8 gram serat per cangkir, tetapi semua anggota keluarga berry adalah sumber serat yang bagus (bersama dengan antioksidan dan nutrisi lainnya). Berry dapat ditambahkan sebagai topping ke oatmeal pagi Anda, atau campurkan ke dalam smoothie dengan oat untuk mendapatkan serat secara ganda. Ingat saja, jika serat tinggi adalah tujuan Anda, selalu pilih smoothie daripada jus, karena proses pembuatan jus menghilangkan kandungan serat dari buah dan sayuran.

2. Buah-buahan tropis
Buah-buahan tropis tidak hanya merupakan cara yang menyenangkan untuk memadukan asupan buah dan sayuran harian Anda, tetapi juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Buah-buahan seperti markisa, mangga, jambu biji, kiwi, buah naga, dan nanas semuanya memiliki berat antara 5 gram (kiwi) hingga 25 gram (markisa) per cangkir. Buah-buahan tropis adalah pilihan fantastis untuk menjaga smoothie tetap segar.

3. Apel
Kunci untuk memaksimalkan kandungan serat apel adalah dengan memakan kulitnya (setelah dibersihkan dengan baik tentunya). Satu apel berukuran sedang beserta kulitnya memiliki sekitar 4,4 gram serat. Namun jika Anda mengupasnya, jumlahnya turun menjadi 2 gram.