Nominasi Oscars 2020: Statistik, Rekor dan Pendatang Baru

Art & Culture14 January 2020

By Larasati Oetomo

Nominasi Oscars 2020: Statistik, Rekor dan Pendatang Baru

Academy of Motion Picture Arts and Sciences baru saja merilis daftar nominasi final dari Academy Awards 2020. Siapa saja?


Memasuki perhelatan ke-92, Oscars menyajikan beberapa kejutan bagi para penikmat film tahun ini. Beberapa kejutan boleh jadi adalah kabar baik bagi para penggemar Oscars, sementara kejutan lainnya dapat menjadi catatan buruk Academy Awards.

#1 Bong Joon-Ho, Keajaiban Sungai Han



Film “Parasite” gubahan sutradara kawakan Bong Joon-Ho menjadi film asal Korea Selatan pertama yang masuk dalam jajaran prestisius Best Picture, sementara sang konduktor dinominasikan sebagai Best Director. Film pemenang Palme D’Or di Festival Film Cannes ini memboyong beberapa nominasi lainnya, menjadi kebanggaan penikmat sinema Asia.

#2 Joker yang Membuat Semua Orang Gila



Joker menjadi headliner tahun ini setelah namanya disebut 11 kali sebagai nominasi di berbagai kategori—paling banyak di antara pesaing lainnya. Joker hanya “film buku komik” kedua yang dinominasikan sebagai Best Picture, mengikuti Black Panther pada tahun sebelumnya. “1917” dan “The Irishman” bersaing tipis dengan karya Todd Phillips ini dengan masing-masing 10 nominasi.

#3 Netflix and Chill!



Perusahaan televisi Internet OTT Netflix memecahkan rekor Oscars sebagai rumah produksi dengan nominasi terbanyak dalam satu edisi dengan 24 nominasi. Angka ini juga merupakan rekor baru Netflix di ajang penghargaan film tertinggi di Hollywood.

#4 Oscars (Still) So White



Cynthia Erivo, pemeran utama dalam film “Harriet”, merupakan satu-satunya figur non-kulit putih yang dinominasikan di kategori akting. Fakta ini memicu gesekan di antara penggemar film yang sejak beberapa tahun silam memprotes dominasi figur kulit putih di ajang Oscars dengan tagar #OscarsSoWhite

#5 Berapa Jumlah Sutradara Perempuan yang Dinominasikan sebagai Best Director?



Mari kami bantu jawab: 0. Bahkan, Greta Gerwig yang berhasil mengukir karyanya “Little Women” dalam jajaran Best Picture tidak lolos nominasi Best Director tahun ini. Sebaliknya, Martin Scorsese menjadi sutradara dengan jumlah nominasi Best Director kedua terbanyak sepanjang sejarah dengan mengantungi 9 nominasi.

#6 Marvel? Marvel Siapa?



Terlepas dari kesuksesan finansial dari “Avengers: Endgame” dan rekam jejak positif dari “Black Panther”, Marvel nyaris sama sekali tenggelam dalam gelaran kali ini. Endgame hanya mendapat 1 nominasi minor terlepas menjadi film dengan performa Box Office terbaik ($858 juta atau nyaris Rp12 triliun) di antara seluruh nominasi film.