Niacinamide Ternyata Sangat Bagus untuk Kulit, Kenali Beragam Manfaat Niacinamide
Ferrell Sahlah Anfasyah
04 November 2022

Belakangan banyak produk skincare memakai kandungan Niacinamide di dalamnya. Seperti apa sebenarnya Niacinamide dan apa manfaatnya untuk kulit?


Niacinamide merupakan kelompok vitamin B3 yang biasanya juga dikenal dengan niasin. Beberapa brand skincare secara bangga mengungkapkan bahwa produk mereka memiliki kandungan niacinamide dengan konsentrasi yang tinggi.
Biasanya kandungan niacinamide banyak didapatkan di produk dengan fungsi brightening atau mengatasi uneven skin tone. Jadi, sebenarnya apa saja manfaat niacinamide yang terdapat dalam produk skincare tersebut?

Meningkatkan Produksi Kolagen

Niacinamide dapat meningkatkan kadar kolagen di dalam tubuh. Ketika kadar collagen di dalam tubuh meningkat, maka akan membawa banyak manfaat untuk kulit, misalnya kulit akan menjadi lebih lembab. Selain itu Anda juga dapat meminimalisir kerutan yang ada di wajah, dan menyamarkan dark spot di kulit.

Memperbaiki Kelenjar Lipid

Niacinamide juga dipercaya dapat memperbaiki kelenjar lipid. Kelenjar lipid dapat mengontrol produksi minyak di wajah.

Memiliki Sifat Anti Radang

Niacinamide memiliki sifat anti radang sehingga dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat.

Mencerahkan Kulit Wajah

Niacinamide dipercaya mampu membantu menyamarkan dan mengencangkan pori-pori, meratakan warna kulit, serta mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Mencegah Kanker Kulit

Tak hanya digunakan sebagai obat topikal (obat oles), Niacinamide ternyata juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen tubuh. Dengan mengonsumsi suplemen niacinamide dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit melanoma.

Walaupun Niacinamide memiliki banyak manfaat, namun Anda perlu memperhatikan persentase/konsentrasi yang terdapat dalam Niacinamide. Niacinamide yang aman biasanya berada di sekitar 4-5%. Apabila lebih dari itu, biasanya akan menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.