Share
Natal Sudah Dekat! Ini Kuliner Berbagai Negara Yang Identik Dengan Hari Natal
Rambu Moara
13 December 2021

Perayaan natal menjadi perayaan penting penutup tahun yang sering dirayakan dengan tradisi setiap negara, salah satunya dengan makan malam bersama keluarga dengan makanan khas berikut ini.


Tinggal menghitung hari, tahun 2021 akan berakhir. Perayaan seperti hari natal menjadi perayaan besar terakhir sebelum masuk ke tahun 2022. Makan malam bersama keluarga pada Christmas Eve menjadi lengkap dengan kuliner lezat khas natal. Kali ini HighEnd akan perkenalkan kuliner khas natal dari berbagai belahan dunia bagi Anda. Check it out!

Feast of Seven Fishes - Italia

Merupakan tradisi Italia-Ameria yang dirayakan pada malam natal, feast of seven fishes merupakan tradisi puasa daging dan hanya makan ikan hingga hari natal tiba. Tradisi ini menyajikan 7 hidangan makanan laut yang berbeda. Tidak ada penjelasan umum mengapa harus 7 hidangan tetapi sering dikaitkan dengan 7 sakramen gereja Katolik.

Gingerbread

Gingerbread atau kue sari jahe adalah kue khas natal tertua di dunia yang diperkirakan telah ada bahkan 2.400 tahun sebelum masehi. Awalnya kue ini terbuat dari sari jahe, namun terjadi pergeseran makna setelah menyebar ke belahan dunia lain. Di Eropa misalnya, kue ini diartikan sebagai roti rempah. Hal ini juga mempengaruhi tekstur kue jahe, seperti di Jerman teksturnya keras sementara di Inggris teksturnya lembut.

Klapertart - Indonesia

Meski tidak secara pasti merupakan makanan khas natal, makanan khas Manado ini sering disajikan pada perayaan besar, termasuk ketika natal. Dikenal juga dengan pie kelapa, klapertart sebenarnya hasil campuran budaya Indonesia dan Belanda karena menggunakan rum dalam proses memasak.

Sup Avgolemono - Yunani

Terbuat dari campuran bahan tidak biasa yaitu kuning telur, sari lemon dan kaldu ayam, sup ayam avgolemono adalah hidangan yang terkenal di wilayah Eropa, Yunani, dan timur tengah. Hidangan hangat ini menjadi makanan wajib musim dingin, terlebih saat bersama keluarga merayakan malam natal.

Black Rum Cake - Jamaika

Black rum cake adalah hidangan penutup khas natal yang terkenal di wilayah kepulauan Karibia dan sekitarnya. Beberapa bahan utama kue ini adalah buah-buahan yang telah diawetkan seperti ceri, rum, dan karamel gula merah yang menjadi pemanis sekaligus pewarna utama kue tersebut.