Share
Napak Tilas ke 10 Masjid Terunik dan Terindah di Dunia
Larasati Oetomo
13 May 2020

Bulan Ramadan tak lengkap tanpa napak tilas. Physical distancing bukanlah halangan untuk “berjalan-jalan” mengagumi pesona masjid-masjid unik di seluruh dunia ini.


THE GREAT MOSQUE OF CÓRDOBA – Andalusia, Spanyol

Masjid yang dikenal penduduk lokal sebagai Mezquita-Catedral ini dibangun pada masa kejayaan Muslim Iberia pada akhir abad ke-8. Masjid unik ini dibangun mengikuti karakteristik asli bangunan yang merupakan katedral. Menariknya lagi, sebelum dibangun sebagai katedral, ia merupakan kuil penyembahan dewa Roma, Janus.

HASSAN II MOSQUE – Kasablanka, Maroko

Siapa yang tak mengenal Masjid Hassan II? Masjid mudah dikenali dari menaranya yang merupakan menara masjid tertinggi kedua di dunia. Masjid seluas 9 hektare ini sebagian dibangun di atas permukaan air, dan di dalamnya juga terdapat madrasah, perpustakaan, dan museum.

ISLAMSKI CENTAR – Rijeka, Kroasia

Pusat kebudayaan Islam yang terbilang baru ini memancing perhatian dengan desain “igloo”-nya, lengkap dengan menara indah setinggi 23m. Dibangun di atas ketinggian dengan pemandangan lapang dan dilengkapi dengan restoran, masjid ini merupakan tempat yang nyaman bagi para muslim untuk berkumpul.

THE GREAT MOSQUE OF XI’AN – Xi’an, Tiongkok

Sebagai masjid terbesar dan tertua di dataran Tiongkok, tak heran apabila masjid dengan arsitektur khas Asia Timur ini terdaftar ke dalam daftar Warisan Budaya Islam UNESCO. Destinasi wisata populer ini masih aktif berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.

NASIR AL-MULK MOSQUE / THE PINK MOSQUE – Shiraz, Iran

Masjid yang dikenal dengan jendela kaca Orsi peninggalan Persia ini menciptakan pantulan cahaya yang indah di bagian dalam masjid. Rumah ibadah yang dibangun pada akhir abad ke-19 ini dipenuhi oleh ukiran indah dan detail di bagian luar dan dalam masjid.

COLOGNE CENTRAL MOSQUE – Köln, Jerman

Masjid raksasa berbentuk kubah ini tampak menarik perhatian dari kejauhan. Perpaduan dinding beton, kayu, dan kaca membuat masjid ini tampak cantik baik dari luar maupun dalam masjid. Masjid ini merupakan yang terbesar di Jerman dan terbuka untuk umum bagi area restoran, toko, dan aula event.

FAISAL MOSQUE – Islamabad, Pakistan

Masjid terbesar kedua di dunia ini tampak menonjol di antara panorama lembah Margalla dengan bangun prisma segiempat yang simetris dan berwarna putih bersih. Masjid yang terinspirasi dari Raja Faisal of Saudi Arabia ini merupakan salah satu pionir masjid desain kontemporer di abad ke-20.

SHAIT GAMBUJ MOSQUE – Bagerhat, Bangladesh

Masjid yang terlihat seperti kastil ini merupakan peninggalan arsitektur penting dari Dinasti Tughluq dan merupakan situs pendidikan Islam penting di Era Sultanat.. Masjid yang disebut sebagai “Masjib 60 Kubah” ini menariknya memiliki total 81 kubah.

SANCAKLAR MOSQUE – Istanbul, Turki

Masjid yang terletak di pinggiran kota Istanbul ini amat dipuja oleh kalangan arsitek. Tema desain dari bangunan ini adalah mengembalikan nada tenang, khusyuk, dan kesederhanaan tempat ibadah dengan desain menyerupai gua dan penggunaan material alam yang tak kelah megah dengan buatan manusia.

ST PETERSBURG MOSQUE – St. Petersburg, Rusia

Masjid yang identic dengan warna biru azure ini merupakan yang terbesar di Eropa, di luar Turki. Masjid yang dipenuhi kaligrafi dan ukiran yang terinspirasi dari makam tokoh Muslim Uzbek, Timur Gurkani. Pada Perang Dunia II, masjid ini sempat ditutup dan dijadikan gudang peralatan medis.