Share
Mengenal Pameran Kisah Antah-Berantah Karya Citra Sasmita untuk Museum MACAN
Vanya Gabriela
13 November 2020

Museum MACAN tidak berhenti menampilkan karya terkini dari para perupa Tanah Air. Pada Desember 2020, Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum MACAN mempersembahkan pameran tunggal perupa asal Bali, Citra Sasmita.


Dalam pameran terbaru MACAN, dunia imajiner yang diciptakan Citra Sasmita berupa dongeng dari kultur Bali menceritakan berbagai hewan mitologis yang seakan berubah menjadi nyata. Pameran ini dirancang khusus untuk anak-anak di seluruh dunia. Pameran ini adalah komisi kelima untuk Ruang Seni Anak Komisi UOB Museum Macan.

Seniman Indonesia Citra Sasmita akan menggelar pameran seni rupa di Museum Macan pada bulan Desember 2020 mendatang. Citra Sasmita merupakan pemenang Gold Award di ajang UOB Painting of the Year 2017. Karya komisi kelima untuk ruang seni anak itu berjudul Kisah Antah-berantah. Penampilan karya seni Citra Sasmita ini merupakan gabungan antara sajian virtual dan fisik yang dirancang secara eksklusif bagi anak-anak dan keluarga.

Di pameran Kisah Antah-berantah, ia menuangkan imajinasi tentang kerajaan hewan dalam gulungan kanvas berukuran 8 meter. Setiap hewan yang digambar punya wujud yang unik, seperti rusa yang langsing dan luwes yang digambarkan sebagai tokoh bijak di cerita rakyat Bali. Ada juga macan sebagai perwujudan Museum MACAN di mata sang perupa.

Semua hewan-hewan dalam kisah ini sengaja tidak diberi nama. karena sang perupa akan meminta bantuan audiens untuk menamai semua karakter tersebut melalui aktivasi interaktif daring. Citra Sasmita juga akan mengajak audiens membuat cerita mereka sendiri dengan menggunakan karakter hewan yang telah mereka temui dalam kisah ini. Kemudian, cerita-cerita ini akan dihidupkan melalui teknologi web augmented reality (WebAR) yang dirancang oleh perusahaan teknologi lokal Festivo, yang memungkinkan audiens untuk menikmati fabel secara daring melalui situs.