Share
MUFFEST+ 2023, Perkuat Peran Sebagai Etalase Produk Fashion Muslim Unggulan Indonesia
Bunga Revina Palit
17 March 2023

Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2023 telah digelar pada tanggal 7-10 Maret 2023 di The Westin Jakarta dengan tema “Unlock Global Opportunities with MUFFEST+”.


Pelaksanaan MUFFEST+ tahun ini merupakan rangkaian road to Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) untuk memperluas kiprah modest fashion Indonesia di pasar global dan mewujudkan Indonesia sebagai pusat modest fashion dunia. Sinergi antara Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) bersama Ditali Cipta Kreatif melalui MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 ini ditujukan untuk mengoptimalisasi industri modest fashion menuju skala internasional.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan sektor modest fashion sebagai salah satu sektor strategis dalam penguatan ekosistem halal nasional untuk mengakselerasi terwujudnya Indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Gelaran MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST dapat memberikan kesempatan kepada desainer dan pengrajin wastra untuk mengeksplorasi potensi mereka dan menghasilkan karya-karya terbaik yang bernilai tambah tinggi bagi industri modest fashion di domestik maupun global. Kami berharap penyelenggaraan MUFFEST+ 2023 yang merupakan road to IN2MOTIONFEST pada Oktober mendatang, dapat berkontribusi nyata dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Juda Agung, selaku Deputi Bank Indonesia dalam sambutannya di Opening Ceremony MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023.

Sebagai etalase produk modest fashion unggulan Indonesia yang siap merambah pasar global, MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 telah menghadirkan rangkaian acara berupa Fashion Show, Trade Show, International Guest Designers, MYDC (Modest Young Designer Competition), Next Face 2023 Model Search, Talkshow, dan Seminar Fashion Trend Forecasting.

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menghadirkan Fashion Show karya 200 desainer dan Trade Show 150 brand yang memperlihatkan keragaman gaya busana muslim mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i. Antara lain karya dari desainer dan brand kenamaan Indonesia, yaitu Itang Yunasz, Deden Siswanto, Sofie, Hannie Hananto, TutyAdib, Irna La Perle, Nuniek Mawardi, Monika Jufry, Ina Priyono, Rya Baraba, Kursien Karzai, AM by Anggiasari, Neera Alatas, Rosie Rahmadi, Najua Yanti, Opie Ovie, Irmasari Joedawinata, Novita Yunus, Barli Asmara, Dian Pelangi, Nada Puspita, Restu Anggraini, Jenahara, Buttonscarves, Jenna&Kaia, Benang Jarum, kami., ZM Zaskia Mecca, Artkea Stripes & IKYK, Èl Abrar by Mihalul Abrar, Brilianto, MUDA, Zeta Privé, HijabChic, Aleza, Nadjani, Geulis, Aleabe Collection by Melly Goeslaw, Funky Kebaya, Roemah Kebaya Vielga, BT Batik Trusmi, dan NBRS.

Keistimewaan MUFFEST+ tahun ini adalah turut menampilkan koleksi modest wear, yaitu fesyen yang lebih inklusif bagi semua orang yang ingin bergaya modest, sebagai proses menuju kesesuaian dengan kaidah busana muslim, sekaligus sesuai kebutuhan pasar global. . Sejalan dengan kiprah modest wear Indonesia di kancah global, perhelatan ini menghadirkan 8 international guest designers dari negara-negara tetangga, yakni Singapura, Laos, Kamboja, Brunei dan Thailand atas dukungan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS).

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 menghadirkan pula produk modest fashion Indonesia dengan menerapkan konsep sustainability dan mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan sumber daya lokal, guna menggerakkan perekonomian lokal, di antaranya pemakaian wastra Nusantara sebagai keunggulan yang membedakan produk modest fashion Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global, seperti koleksi dari 64 brand yang merupakan anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia.

Perhelatan ini kembali memberikan kesempatan kepada sekolah tinggi mode untuk turut menampilkan karya para mahasiswanya, yaitu Islamic Fashion Institute (IFI), Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Burgo Indonesia, ISWI Fashion Academy, Akademi Wirausaha Maluku Utara, dan BBPVP (Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas) Semarang, serta mempresentasikan karya SMK dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik sehingga #bangga jadi anak SMK, antara lain Zelmira by SMK NU Banat Kudus dan Threelogy by SMKN3 Blitar.

Konsep “See Now Buy Now” merupakan tawaran baru di gelaran MUFFEST+ 2023 yang mengkampanyekan cara baru bagi penonton fashion show untuk dapat membeli koleksi runway secara digital dari desainer yang telah siap dengan sistem SNBN, segera setelah show selesai. Kampanye “Sarong is My New Style” kembali digaungkan dalam MUFFEST+ 2023 untuk memberikan inspirasi gaya berpakaian Timur seperti memakai sarung sebagai suatu gaya baru yang mengglobal.

MUFFEST+ Road to IN2MOTIONFEST 2023 terselenggara atas kerjasama sinergis dengan berbagai pihak, yaitu Wardah Beauty sebagai Official Make-up Artist & Hijab do Partner dan The Westin Jakarta sebagai Official Venue Partner, kemudian disponsori oleh Asia Pacific Rayon (APR) dan Bank Syariah Indonesia (BSI), didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI, BBPVP Semarang, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, YOU.C1000, dan ASEAN Fashion Designers Showcase (AFDS), Hijabersmom Community, dan Hijabers Community sebagai Community Partner.