Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mudik Saat Lebaran, Lakukan Tips ini Agar Tinggalkan Rumah dengan Aman dan Nyaman

Travel30 April 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Mudik Saat Lebaran, Lakukan Tips ini Agar Tinggalkan Rumah dengan Aman dan Nyaman

Tidak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir. Beberapa hari lagi seluruh umat muslim di dunia akan menyambut hari yang fitri. Ada banyak kegiatan wajib yang selalu dilakukan ketika hari raya Idul Fitri, salah satunya adalah tradisi mudik atau pulang kampung.


Saat bepergian atau melaksanakan mudik, Anda tentu mempersiapkan banyak hal termasuk apa saja yang akan Anda bawa di perjalanan. Namun ada hal yang tidak kalah penting dari mempersiapkan barang-barang bawaan, yakni mempersiapkan rumah Anda sebelum benar-benar Anda tinggalkan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Sebab meninggalkan rumah dalam keadaan kosong memicu banyak hal-hal yang harus menjadi perhatian Anda seperti terjadinya tindak kriminal atau korsleting listrik yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Berikut beberapa hal yang bisa Anda merasa tenang saat akan melakukan mudik atau bepergian jauh dan meninggalkan rumah.

Lapor RT dan Titip Rumah pada Orang yang Dipercaya

Hal pertama yang wajib Anda lakukan ketika akan meninggalkan rumah saat mudik lebaran adalah menitipkan rumah Anda kepada orang yang Anda percaya, seperti kerabat dan keluarga dekat. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang saat meninggalkan rumah karena orang tersebut dapat membantu menghidupkan dan mematikan lampu serta memerhatikan rumah saat Anda tidak ada. Jangan lupa juga untuk lapor kepada RT bahwa Anda dan keluarga sedang tidak berada di rumah dalam waktu yang cukup lama untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari Membagikan Unggahan Mudik di Media Sosial

Hal yang juga harus Anda hindari untuk mencegah terjadinya kejahatan adalah tidak selalu membagikan lokasi keberadaan Anda saat mudik atau sedang di perjalanan. Hal ini dapat memancing oknum-oknum tertentu untuk mencari celah atau kesempatan karena mengetahui bahwa Anda sedang tidak berada di rumah.

Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci Rapat

Jangan terburu-buru meninggalkan rumah ketika Anda akan pergi mudik. Hal yang harus Anda periksa dengan teliti dan pastikan adalah keadaan semua pintu dan jendela telah terkunci dengan rapat.

Meletakkan Barang-barang Berharga di Tempat Aman

Sebelum Anda meninggalkan rumah, sebaiknya jangan meninggalkan benda-benda dan dokumen berharga di rumah Anda. Jika memungkinkan, Anda lebih baik membawa semua barang dan dokumen tersebut.

Periksa Aliran Listrik dan Gas

Aliran listrik dan gas dapat berakibat fatal. Pastikan Anda telah menyabut dan mematikan semua kabel dari stop kontak. Selain itu Anda juga perlu melepas regulator gas dan memasikan bahwa tabung gas dalam keadaan aman untuk mencegah terjadinya kebocoran gas.

Nyalakan Lampu Teras

Menyalakan lampu teras sebelum Anda dan keluarga meninggalkan rumah juga sangat penting untuk memberikan kesan bahwa rumah Anda sedang berpenghuni. Selain itu, orang akan takut dan berpikir panjang apabila ingin menyelinap ke rumah yang memiliki pencahayaan terang.

Memasang Kamera CCTV

Memasang kamera CCTV sebagai pelengkap dan tambahan keamanan di rumah Anda sangatlah penting dan dapat membuat Anda merasa jauh lebih tenang. Teknologi yang semakin canggih saat ini memungkinkan Anda untuk bisa memantau rumah Anda dari sudut kota manapun. Keuntungan lain yang Anda dapatkan dengan memasang CCTV di rumah adalah Anda memiliki rekaman yang bisa dijadikan bukti apabila terjadi sesuatu dengan rumah Anda.