Momen Tak Terlupakan Pada Upacara Pembukaan Tokyo Olympics 2020

Event27 July 2021

By Clara E.B Sagala

Momen Tak Terlupakan Pada Upacara Pembukaan Tokyo Olympics 2020

Suasana meriah dan menggembirakan terpancar dari upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 setelah setahun tertunda.


Setelah satu tahun tertunda akibat pandemi global COVID-19, Tokyo Olympics 2020 akhirnya digelar pada 23 Juli 2021. Meskipun pihak penyelenggara tidak menghadirkan atraksi-atraksi yang biasa dilakukan, namun upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 penuh dengan momen-momen yang tak terlupakan dan tetap membawa kegembiraan seperti gelaran sebelumnya. Berikut adalah momen terbaik dalam upacara pembukaan Tokyo Olympics 2020.

1. Misia Menyanyikan Lagu Kebangsaan Jepang dengan Gaun yang Memukau

Pada momen tersebut ditampilkan cuplikan singkat yang menunjukkan kisah para atlet yang harus berlatih mandiri akibat pandemi. Kemudian disusul dengan pengibaran bendera Jepang yang dibawakan oleh pasukan pertahanan Jepang, para pekerja yang melayani negara saat pandemi, serta para mantan atlet Olimpiade Jepang. Momen tak terlupakan dihadirkan melalui penampilan memukau Misia yang menyanyikan lagu kebangsaan Jepang, ia mengenakan gaun organza dengan ombré warna-warni, rancangan desainer asal Jepang, Tomo Koizumi.

2. Moment Mengheningkan Cipta Bersejarah

Upacara pembukaan Tokyo Olympics 2020 itu pun kemudian berhenti sejenak untuk mengenang mereka yang kehilangan nyawanya karena Covid-19.

3. Tema Kayu pada Olympics Rings

Kayu adalah tema yang kuat dalam Olimpiade Tokyo 2020, sebab stadion tersebut berisi sejumlah besar kayu yang secara simbolis bersumber dari 47 prefektur Jepang. Peragaan tap-dance pun menggunakan kerajinan kayu tradisional serta cincin Olimpiade pun kemudian dirakit dari bahan tersebut. Untuk membuat cincin Olimpiade Tokyo 2020, mereka menggunakan pohon yang ditanam dari biji hasil sumbangan para atlet seluruh dunia yang berkompetisi di Olimpiade Tokyo pertama pada tahun 1964.

4. Parade Atlet

Para atlet dengan semangat tetap melakukan parade, meskipun tidak ada para penggemar yang hadir untuk memeriahkan upacara pembukaan. Sebanyak 207 tim memasuki stadion dengan bangga seraya mengibarkan bendera negara mereka. Atlet selancar andalan Indonesia, Rio Waida memimpin tim kontingen Merah Putih dengan mengenakan pakaian adat Bali.

5. Kibar Obor Olympic Cauldron

Obor telah menyala sejak 25 Maret 2021 di Fukushima. Tempat ini menjadi destinasi utama karena untuk menyemangati masyarakat setempat akan bencana alam yang terjadi pada tahun 2011 silam di wilayah tersebut. Obor tersebut dipindahtangankan ke para pensiunan legenda olahraga Jepang serta para anak yang terkena dampak gempa di tahun 2011. Total yang membawanya berjumlah 2000 orang. Pada akhirnya rally kibar obor tersebut terakhir sampai pada atlet tenis, Naomi Osaka untuk menyalakan Olympic Cauldron yang menandakan dimulainya olimpiade tersebut.