MIXED FEELINGS: OF ALL THE ODDS, Empat Seniman Muda Siap Gelar Pameran Pertamanya di Yogyakarta
Dewi Anggriani Siregar
30 September 2022

Atreyu Moniaga Project (AMP) kembali menggelar pameran yang bertajuk Mixed Feelings: Of All the Odds. Pameran karya dari peserta program inkubasi Mixed Feelings angkatan ke-6 ini akan menampilkan karya dari empat seniman muda, yaitu Adriel Ari, Juju Sant, Karin Josephine dan Yen Melia Andreas.


ATREYU MONIAGA PROJECT (AMP) sendiri sudah mengadakan program inkubasi bagi ilustrator, pelukis, perupa multimedia, juga fotografer sejak tahun 2013. Program ini dipimpin oleh Atreyu Moniaga yang merupakan seorang seniman dan pengajar seni, dengan tujuan melatih, membina, mendukung dan memberikan ruang bagi seniman-seniman baru untuk menghadirkan karya-karya mereka ke hadapan publik.

Pameran Mixed Feelings: Of All the Odds ini akan diadakan pada tanggal 21 Oktober hingga 21 November 2022 di Tirtodipuran Link, Yogyakarta. Nantinya, Adriel Ari akan menghadirkan koleksi berjudul “Mantra” yang terdiri dari 12 lukisan dengan media cat air. Juju Sant akan menghadirkan koleksi berjudul “A Constant Battle Within” yang terdiri dari 9 lukisan dengan media cat minyak dan media campuran. Karin Josephine akan menghadirkan koleksi berjudul “Study of Self Composure 2” yang terdiri dari 44 karya kolase dari media campuran dan dikelompokkan ke dalam 5 subjudul. Yen Melia Andreas akan menghadirkan koleksi berjudul “Yen Garden” yang terdiri dari 15 lukisan dengan media cat air.

Atreyu Moniaga selaku mentor dan pendiri dari Atreyu Moniaga Project mengatakan bahwa dalam menjalankan project ini, proses merupakan salah satu hal paling penting yang dipelajari tidak hanya bagi ke-4 seniman mudanya, namun juga bagi dirinya. Ia juga mengaku bahwa tiap seniman memiliki cara dan hambatan masing-masing dalam menghasilkan karya. Maka sebagai mentor, Arteyu juga mengimlementasikan treatment yang berbeda-beda kepada tiap-tiap orang.

“Setelah sempat beristirahat selama hampir tiga tahun, saya memutuskan untuk menjalankan lagi program inkubasi Mixed Feelings ini. Sejalan dengan perkembangan saya pribadi sebagai seorang seniman, program inkubasi ini juga mengalami pendewasaan yang baru, yang akhirnya sangat berdampak pada karya-karya para pesertanya. Mixed Feelings 05 ini menghadirkan kawanan seniman muda yang siap bekerja keras dalam tingkat kedisiplinan tinggi untuk menyampaikan kegelisahan dan harapan mereka, sekaligus sudut pandang yang segar,” demikian tutur Atreyu Moniaga selaku mentor dan pendiri Atreyu Moniaga Project.

Mixed Feelings 05: Of All the Odds juga mendapat dukungan penuh dari Srisasanti Gallery, Yogyakarta. Direktur dan rekan-pendiri Galeri Srisasanti, Benedicto Audi, menyatakan perasaan bersyukurnya dapat bekerjasama dengan banyak pihak terutama Srisanti Gallery. GALERI SRISASANTI sendiri merupakan sebuah galeri seni yang didirikan oleh E. St. Eddy Prakoso pada tahun 1994 dengan tujuan memantik apresiasi global atas seniman-seniman Indonesia.

“Dukungan kami untuk edisi terbaru dari Mixed Feelings oleh Atreyu Moniaga Project adalah manifestasi semangat kami yang tidak berkesudahan dalam mengembangkan bakat-bakat baru di dunia seni Indonesia. Ini juga merupakan bukti kepercayaan kami atas seniman kami, Atreyu, dalam program pelatihan yang ia awali dan kerjakan dengan sepenuh hati.”