Miss World 2021 Karolina Bielawska - Menggebrak Krisis Tunawisma Melalui Beauty with A Purpose
Annisa Laksmi
13 October 2022

Semenjak menduduki tahta Miss World, Karolina Bielawska memanfaatkan platform dan suaranya untuk membuat berbagai perubahan di dunia, dimulai dari tempat yang paling dekat di hati—kampung halamannya.



Karolina Bielawska adalah seorang model, presenter televisi, mahasiswi, dan penggemar traveling asal Polandia. Dalam perannya sebagai Miss Polonia 2019 dan Miss World 2021, Karolina mengambil langkah untuk melayani komunitas kurang mampu di kota asalnya di Lodz, Polandia, dan memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan dan tempat tinggal.

Melalui proyek Beauty with a Purpose yang diusung oleh Miss World, Karolina menangani masalah tersebut secara langsung dengan tindakan konkrit. Dia bertekad untuk meningkatkan kesadaran akan krisis tunawisma dan memerangi pengucilan sosial dan ketidakpedulian yang kerap terjadi. Menjadi Sukarelawan untuk Zupa Na Pietrynie Foundation, Karolina turut andil dalam menyediakan makanan hangat, paket makanan, minuman, pakaian, masker, serta nasihat hukum dan layanan medis profesional untuk sekitar 300 orang yang membutuhkan setiap hari Minggu di Lodz. “Ketika kamu melakukan sesuatu untuk orang lain, bukan dari diri Anda sendiri, ada perasaan yang luar biasa. Ini memberi Anda begitu banyak kegembiraan dan rasa terima kasih,” ungkapnya.

Kebersihan diri juga merupakan isu yang sering dialami oleh tunawisma. Selain menimbulkan masalah kesehatan, hygiene yang buruk juga mengakibatkan permasalahan dalam berinteraksi dengan masyarakat. Dalam upaya untuk menyediakan fasilitas kebersihan, Karolina juga menggagas kamar mandi sosial pertama bagi mereka yang membutuhkan. Kamar mandi tersebut diisi dengan perbekalan seperti handuk, perlengkapan mandi, bahkan pakaian bersih, dan dapat digunakan secara gratis.

Menjadi bagian dari Miss World adalah perjalanan indah yang mengubah perspektif, dan Karolina tak hentinya bersyukur atas kesempatan yang Ia terima. “Miss World adalah platform terbaik untuk menciptakan persahabatan internasional, untuk berbagi nilai-nilai Anda, untuk berbagi cerita,” kenangnya. “Ini adalah perjalanan paling mengasyikkan dalam hidup saya! Setiap hari berbeda, dan saya tidak tahu ke mana saya akan pergi besok. Saya bisa bertemu orang yang berbeda dan mengenal mereka dan belajar dari mereka. Saya juga dapat mendukung project Beauty with A Purpose dari berbagai belahan dunia, untuk mempelajari nilai-nilai mereka dan mempelajari masalah apa dihadapi negara lain. Setiap proyek Beauty with a Purpose berbeda; seunik individu yang menciptakannya,” jelasnya.

Menurut Karolina, Beauty with a Purpose adalah jiwa dari Miss World, dan melayani masyarakat adalah kesempatan berharga untuk membuat perbedaan nyata di dunia. “Setiap proyek, setiap orang adalah sama berharganya. Tidak masalah jika Anda membantu 1000 orang, 100 orang, 10 orang atau bahkan 1 orang; lebih baik menyalakan satu lilin dalam kegelapan daripada tidak sama sekali. Saya percaya bahwa kita semua memiliki kekuatan untuk membuat perubahan,” tuturnya.

Gadis berusia 23 tahun yang telah memperoleh gelar Sarjana Manajemen dari Lódz University of Technology dan saat ini sedang mengejar gelar Master-nya ini percaya bahwa pendidikan yang telah ditempuhnya akan selaras dengan tujuannya untuk memimpin dan menginspirasi orang lain di masa depan. "Saya percaya latar belakang pendidikan saya dan apa yang saya lakukan sekarang, dapat digabungkan dan saya dapat memanfaatkannya untuk memenuhi cita-cita saya, yaitu untuk membantu sesama, ”pungkasnya.

Photos: Isnu Dwi Martanto