Miliki Hidup Yang bermakna Dengan Peraturan Hidup Ikigai
Rambu Moara
23 October 2021

Banyak aspek kehidupan yang berubah akibat pandemi. Salah satu masalah yang perlu diwaspadai adalah kesehatan mental karena tingginya tingkat isolasi diri. Sepuluh peraturan hidup Ikigai dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut.


Menghabiskan banyak waktu di media sosial tidak selalu membuat orang lebih dekat satu sama lain. Kesepian sebenarnya bisa muncul karena tingginya tingkat ketergantungan terhadap media sosial dan isolasi diri, khususnya sejak pandemi dimulai. Salah satu cara untuk mengurangi stres mental adalah dengan lebih memperhatikan kesejahteraan diri.

Sebuah buku berjudul 'Ikigai' dapat membantu Anda dalam hal self-development karena Ikigai digunakan untuk mencari nilai kehidupan. Berikut HighEnd rampung 6 dari 10 aturan inti dari Ikigai yang harus Anda ketahui.

Tetap Aktif

Peraturan pertama adalah terus bergerak. Itu tidak berarti Anda harus bekerja terlalu keras sampai masa pensiun, tetapi Anda bisa terus bergerak dengan melakukan pekerjaan yang Anda sukai seperti menulis, melukis, dan sebagainya.

Santai Saja

Melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa membuat banyak tekanan pada Anda dan menghasilkan tugas yang tidak lengkap. Pada akhirnya, Anda tidak menjalani kehidupan seperti yang diharapkan. Jadi, kerjakanlah segala sesuatu dengan perlahan.

Berada di Lingkungan Pertemanan yang Baik

Peraturan ini didasarkan pada kebutuhan utama manusia, yaitu saling komunikasi. Untuk menjaga kesehatan mental, jaga hubungan baik dengan teman dekat yang baik agar bisa saling mendorong maju dan berkembang.

Tetap Tersenyum

Menurut penelitian, tersenyum dapat memperpanjang hidup, mengurangi tingkat stres dan menghilangkan suasana hati yang buruk. Sering-seringlah tersenyum agar aura positif akan selalu mengelilingi Anda.

Berinteraksi dengan Alam

Alam pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari manusia, karena manusia memiliki tugas merawatnya. Berinteraksi dengan alam dapat membuat pikiran tenang dan menyegarkan mata.

Selalu Berterima Kasih

Selalu bersyukur akan segala hal akan membawa pikiran yang tenang dan damai. Semakin sering Anda mensyukuri apapun, semua pikiran buruk akan terlempar dari benak Anda.