Share
Microscopic Handbag, Tas Terkecil di Dunia yang Laku Terjual Rp960 Juta!
Dewi Anggriani Siregar
01 July 2023

Masih ingatkah Anda dengan tas super mini yang sempat menghebohkan jagat maya? Tas berukuran 657 x 222 x 700 mikrometer itu kini telah laku terjual melalui pelelangan online senilai USD63,750 atau sekitar Rp960 juta.


Terjual dengan harga fantastis, siapa sangka bahwa tas terkecil di dunia tersebut memiliki ukuran yang bahkan lebih kecil dari butiran garam. Saking mikronya, tas ini tidak dapat diliat jelas dengan mata telanjang kecuali melalui mikroskop.

Terbuat dari material transparan dan berwarna hijau neon, tas tersebut dibuat menggunakan polimerisasi dua foton, sebuah teknologi manufaktur yang digunakan untuk mencetak komponen plastik skala mikro 3D. Meski memiliki desain monogram khas Louis Vuitton, micro handbag ini ternyata bukanlah produk rilisan brand fashion terkemuka tersebut, melainkan karya kelompok kolektif seni di New York, Amerika Serikat (AS) bernama MSCHF.

Tas Louis Vuitton model OnTheGo totebag ini pertama kali ditampilkan ke publik pada Juni 2023 oleh MSCHF. Proses pelelangan online tersebut diadakan oleh Joopiter yang merupakan salah satu badan pelelangan yang didirikan oleh Creative Director Louis Vuitton, Pharrell Williams. Dilansir dari berbagai sumber, diketahui bahwa penciptaan micro bag Louis Vuitton ini sebagai salah satu bentuk sindiran akan tren fashion yang kini lebih mengutamakan gaya ketimbang sisi fungsional produk.