Share
Michael Gambon, Pemeran Dumbledore dalam Film “Harry Potter”, Meninggal Dunia
Trisha Aulia
29 September 2023

Kabar duka datang dari Michael Gambon, pemeran tokoh profesor Dumbledore dalam film “Harry Potter” yang dikabarkan telah meninggal dunia akibat pneumonia pada Kamis (28/9).


Di usia yang ke-82 tahun, Sir Michael John Gambon CBE yang dikenal atas peran ikonisnya sebagai Profesor Albus Dumbledore dalam franchise film “Harry Potter” dikabarkan meninggal dunia setelah berjuang melawan pneumonia. Kabar duka ini pertama kali diedarkan pada Kamis (28/9) melalui sebuah pernyataan yang mengatasnamakan keluarga mendiang aktor British-Irlandia tersebut.

“Kami berduka cita untuk mengumumkan kepergian Sir Michael Gambon," tulis pernyataan tersebut. "Suami dan ayah tercinta, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istrinya Anne dan putranya Fergus di sisinya, setelah menderita pneumonia. Michael berusia 82 tahun.”

Pihak keluarga juga meminta privasi dalam melalui masa yang sulit ini, “Kami meminta publik untuk menghormati privasi kami pada saat yang menyakitkan ini dan terima kasih atas pesan dukungan dan cinta kalian.”

Kepergian Michael Gambon meninggalkan rasa kehilangan yang besar serta luka mendalam bagi semua yang menyayanginya dan karyanya, termasuk keluarga, penggemar, dan juga para rekan aktor.

Dumbledore

Terlihat di media sosial, beberapa anggota pemeran “Harry Potter” telah mulai mengungkapkan duka dan penghormatan mereka kepada Michael Gambon, membagikan kenangan indah bersama sang aktor. Salah satunya adalah James Phelps yang memerankan tokoh Fred Weasley.

"Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Michael Gambon. Dia, di dalam dan di luar kamera, adalah seorang legenda," tulis James Phelps di Twitter. "Dia selalu sangat lucu dan sangat senang berbagi pengetahuan yang dia miliki," lanjutnya.

Seperti yang dikatakan Phelps, Michael Gambon adalah seorang legenda sejati. Selama enam dekade karirnya, Michael Gambon telah memerankan puluhan tokoh, baik di teater ataupun film. Beberapa peran terpopulernya termasuk pada “Gosford Park”, “The King’s Speech”, “The Insider”, dan enam film “Harry Potter”.

Sebagai seorang aktor, Michael Gambon juga telah meraup sejumlah prestasi yang mengesankan, termasuk tiga Olivier Awards, dua Screen Actors Guild Awards, dan empat BAFTA Awards. Ia bahkan dianugerahi gelar bangsawan oleh Ratu Elizabeth II atas jasanya dalam dunia teater dan perfilman.