Mewahnya Gin Produksi Rumah Peristirahatan Ratu Elizabeth

Wine & Dine03 December 2020

By Annisa Laksmintari

Mewahnya Gin Produksi Rumah Peristirahatan Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth telah lama dikenal sebagai penikmat minuman dengan sedikit sentuhan alkohol. Konon, beliau menikmati segelas gin dicampur dengan Dubonnet di pagi hari. Kemudian, seperti yang dilaporkan oleh Travel+Leisure, beliau juga menyukai segelas wine atau dry gin martini di waktu makan siang.

Tak heran beliau pun memproduksi minuman alkohol melalui estate-nya, diantaranya berbagai gin, wine, vintage champagne yang tersedia di Royal Collection Trust Shop milik Buckingham Palace, dengan bahan dasar yang didapatkan dari Buckingham Palace Gardens. Di penghujung tahun ini, estate rumah peristirahatannya, Sandringham House, meluncurkan produk Gin-nya sendiri.


Ratu Elizabeth biasanya menghabiskan musim dingin di kediamannya di Norfolk, sebuah estate bernama Sandringham House. Sandringham ini juga merupakan rumah pribadi 4 generasi keluarga kerajaan Inggris semenjak 1862.

Dengan persetujuan Ratu Elizabeth, kini telah diluncurkan Sandringham Gin, yang dibuat dengan bahan-bahan yang didapatkan langsung dari estate. “Disuling secara lokal, gin kami mengandung buah Sharon, yaitu sejenis pohon kayu yang masih satu keluarga dengan kayu hitam, juga dikenal sebagai persimmon (kesemek Cina), serta dedaunan dari tanaman myrtle,” bunyi penjelasan pada situs resmi Sandringham Shop.

Minuman beralkohol ini diproduksi oleh WhataHoot, sebuah perusahaan penyulingan yang awalnya didirikan dalam gudang di perkebunan Sandringham tiga tahun lalu. Kini, penyulingan tersebut dipindah ke fasilitas besar di bagian lain Norfolk yang berjarak hanya 15 menit jauhnya.

Tanaman-tanaman yang menjadi bahan dasar gin ini tumbuh di sekitar Sandringham House, dan memiliki asal muasal yang bersejarah. "Buah Sharon ditanam di taman bertembok di balik dinding terlindung di ujung dari serangkaian rumah kaca, yang dibangun dari uang hadiah menangnya kuda pacu terkenal, Persimmon, milik Raja Edward VII," tertulis di situs resmi tersebut.

“Dedaunan dari tanaman myrtle juga tumbuh di estate, berasal dari potongan yang diambil dari buket pernikahan Putri Alexandra pada pernikahannya dengan Pangeran Albert Edward, yang kemudian menjadi Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.”

Gin ini dijual dalam kemasan 500ml seharga £50, atau setara Rp 950 ribu, dan tidak dapat dikirimkan ke alamat di luar United Kingdom. Selain gin, situs resmi Sandringham House juga menjual merchandise-nya seperti whiskey glass, berbagai ornamen Natal, teddy bear, dan juga serangkaian makanan seperti madu, cokelat, teh, kopi, dan lainnya.