Metode Self-Healing untuk Fisik dan Mental yang Lebih Sehat

Wellness03 September 2021

By Clara E.B Sagala

Metode Self-Healing untuk Fisik dan Mental yang Lebih Sehat

Self-healing adalah suatu langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga keharmonisan hidup di tengah ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemic COVID-19.


Pandemi COVID-19 berdampak begitu besar bagi kita semua. Ketakutan, kekhawatiran, dan duka, sering kali kita rasakan akhir-akhir ini. Sehingga hari-hari Anda terasa berat. Namun untuk itu, ada hal yang bisa kita lakukan, yaitu dengan melakukan self-healing, yakni proses yang dilalui seseorang untuk menyembuhkan diri yang dilakukan oleh dan untuk dirinya sendiri.

Self-healing akan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pengalaman yang melelahkan secara emosional. Dengan self-healing seseorang akan terdorong untuk memahami diri sendiri melalui pikirannya sendiri. Self-healing adalah langkah untuk menjaga kualitas hidup tetap harmonis. Memang tidak bisa dipungkiri dan disadari bahwa yang mengenal kita adalah diri kita sendiri, sehingga hanya kita yang tahu cara paling tepat untuk mengontrol diri kita dalam menghadapi setiap pengalaman yang terjadi, karena yang tahu persis kebutuhannya adalah diri kita sendiri.

Self-healing bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyediakan me-time. Dengan kita menyediakan waktu untuk diri sendiri dan tentunya memberikan self-reward atas apa sudah dilalui selama ini kepada diri sendiri, akan membuat hidup menjadi lebih bermakna. Self-healing juga dilakukan ketika kita jujur pada diri sendiri, baik tentang keinginan maupun kebutuhan diri. Dengan jujur pada diri sendiri, kita bisa mengajak diri sendiri untuk berdamai dengan keadaan.

Kita juga perlu mengelola pikiran, perasan, dan social life yang benar-benar membuat kita menemukan diri kita yang sebenarnya. Dengan hal tersebut, kita bisa lebih memaknai diri dan kehidupan. Kita juga perlu menjaga diri sendiri secara fisik dan mental supaya lebih sehat. Secara fisik, kita bisa melakukan kegiatan yang positif seperti berolahraga dan mengecek kesehatan secara teratur. Dengan fisik dan mental yang sehat maka kita akan lebih mudah berpikir jernih dan positif, dan tentunya siap menghadapi pencapaian-pencapaian baru di tahun yang baru.