Share
Meta Rilis AudioCraft, Produk AI yang Bisa Hasilkan Audio dari Perintah Teks
Dewi Anggriani Siregar
07 August 2023

Meta merilis AudioCraft, produk AI yang dapat membuat musik atau lagu berdasarkan perintah teks yang dimasukkan oleh pengguna.


Fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan serta pengalaman baru yang menarik bagi para pengguna di khusunya di dunia audio dan musik. Platform AI milik Meta besutan Mark Zuckerberg ini kurang lebih memiliki kesamaan dengan Soundraw, Loudly, Boomy, MuseNet milik OpenAI, hingga MusicLM milik Google.

Meta AudioCraft ini mengandalkan tiga model AI, yaitu AudioGen, EnCodec, dan MusicGen. AudioGen dan MusicGen masing-masing menghasilkan efek suara dan musik, sementara EnCodec memampatkan suara untuk menghasilkan output berkualitas lebih tinggi.

AudioCraft ini dapat dipakai semua orang (open source) termasuk oleh para pengembang aplikasi yang ingin menyelipkan sebuah fitur AI yang memproduksi musik atau suara dari input teks pengguna. Meski begitu, dilansir dari berbagai sumber Meta mengatakan bahwa kumpulan data yang digunakan untuk model AudioCraft ini masih kurang beragam khususnya pada kumpulan data musik.